SOLOPOS.COM - Semangka (Dok/JIBI/Bisnis Indonesia)

Semangka (Dok/JIBI/Bisnis Indonesia)

JAKARTA--Selain manis dan segar, semangga juga memberi banyak asupan nutrisi. Salah satu khasiat jitunya adalah bisa mengikis lemak yang ada di dalam perut, sehingga membuat perut tampak lebih langsing!

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hal tersebut dikemukakan oleh para peneliti dari University of Kentucky. Mereka meneliti efektivitas jus semangka dalam menurunkan jumlah lemak dalam perut. Rupanya, semangka bisa membantu mengikis timbunan lemak dan menjaga berat badan, serta menurunkan risiko penyakit jantung.

Menurut kepala penelitian, seperti dimuat dalam situs Natural News, mereka yang banyak mengonsumsi semangka baik segar maupun sudah diolah memiliki tingkat kolesterol darah yang lebih rendah. Kandungan asam amino bernama argininelah yang berperan dalam mengurangi jumlah lemak dalam tubuh, termasuk perut.

Semangka merupakan buah yang mengandung air dalam jumlah tinggi. Efek lebih langsing bukan hanya disebabkan oleh kandungan arginine, namun juga dari konsumsi buahnya yang membuat perut terasa lebih kenyang. Karenanya, konsumsi semangka memberi rasa kenyang lebih lama sekaligus mengurangi keinginan ngemil makanan tak sehat dan berlemak.

Selain memperhatikan pilihan makanan, beberapa hal juga harus diperhatikan untuk mengurangi timbunan lemak pada perut. Di antaranya adalah rajin berolah raga, misalnya dengan sering melakukan aktivitas jalan kaki. Jam tidur yang cukup serta stres juga turut mempengaruhi pola makan seseorang.

Semangka juga diketahui mengandung beragam manfaat hebat. Di antaranya adalah lycopene, yaitu nutrisi yang membuat semangka berwarna merah.Nutrisi ini bisa menurunkan risiko kanker kolon dan kanker prostat. Konsumsi semangka secara teratur juga bisa menurunkan tekanan darah tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya