SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, KUDUS — Pemerintah Kabupaten Kudus mendorong masyarakat mengintensifkan kembali tradisi sistem keamanan lingkungan (Siskamling) guna mencegah kemungkinan terjadinya gangguan keamanan di lingkungan sekitar. Demi menyemangati warga menggerakkan kembali siskamling, polisi dan tentara bahkan mendatangi poskamling-poskamling.

“Ketika siskamling berjalan, tentunya kasus pembakaran kendaraan bermotor yang terjadi di beberapa daerah di kota besar di Jateng bisa diantisipasi,” kata Bupati Kudus Muhammad Tamzil didampingi wakilnya, Hartopo, di Kudus, Jawa Tengah, Jumat (8/2/2019).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Diakuinya, sejumlah poskamling di wilayahnya masih aktif digunakan untuk ronda malam. Meskipun demikian, dia memerintahkan camat dan kepala desa untuk memantau siskamling di kampung-kampung demi memastikan masih aktifnya siskamling di wilayah masing-masing. Beberapa daerah, diakuinya menyerahkannya kepada pihak ketiga, seperti satuan pengamanan (satpam).

Polres Kudus sendiri, lanjut dia, sudah mendorong pengaktifan kembali Siskamling di kampung-kampung. “Bahkan, Polres Kudus juga mengadakan perlombaan siskamling sehingga di Kudus tentunya banyak yang masih aktif,” ujarnya.

Ia mengaku optimistis keamanan di Kabupaten Kudus terjaga, mengingat kamera pemantau atau closed circuit television (CCTV) terpasang di sejumlah titik di Kabupaten Kudus. “Masyarakat juga kami imbau untuk memasang CCTV di lingkungan sekitarnya sehingga ketika ada hal-hal yang tidak diinginkan mudah dalam pelacakannya,” ujarnya.

Kapolres Kudus AKBP Saptono menambahkan bahwa program pengaktifan kembali poskamling di semua desa di Kudus mulai bulan ini. Program yang dilaksanakan untuk mendorong masyarakat kembali mengintensifkan siskamling, di antaranya dengan mengadakan dialog, keliling kampung untuk menyapa masyarakat.

“Kami juga mengimbau masyarakat membuat palang sederhana di gang-gang desa,” ujarnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya