SOLOPOS.COM - Penandatanganan kerja sama antara UKSW Salatiga dengan UMN Cilacap dilaksanakan secara daring. (Istimewa-UKSW Salatiga)

Solopos.com, SALATIGA — Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga dan Akademi Maritim Nusantara (AMN) Cilacap menandatangani Perjanjian Kerja Sama dalam hal Penguatan Unit Penjaminan Mutu Internal.

Kerja sama yang merupakan semangat kolaborari ini ditandatangani oleh Pembantu Rektor (PR) IV UKSW Joseph Ernest Mambu, Ph.D, dan Direktur AMN Altril Rayendra, S.Tr ditandatangani pada Jumat (11/2/2022) secara daring menggunakan platform zoom meeting.

“Suatu kehormatan UKSW bisa bekerjasama dengan AMN. UKSW hadir bukan untuk menjadi menara gading saja, tetapi spirit UKSW adalah semangat berkolaborasi dengan mitra yang juga mempunyai komitmen untuk memajukan negeri ini melalui pendidikan. Saya percaya kerja sama ini akan membuahkan hasil yang luar biasa,” kata Joseph Ernest Mambu dalam sambutannya.

Baca juga: Bisa Jadi Pupuk hingga Pembasmi Hama, Begini Cara Bikin Eco Enzyme

Lebih lanjut Pembantu Rektor UKSW Bidang Kerja Sama Kelembagaan dan Internasionalisasi ini menyampaikan, bahwa penjaminan mutu adalah cermin sebuah lembaga. Dirinya berharap, kerja sama ini ke depan akan meluas dalam hal penelitian dan juga publikasi bersama.

“Jika kita bisa melakukan fungsi penjaminan mutu internal dengan baik, kita juga bisa bekerja sama dalam hal lainnya. Seperti penelitian dan publikasi yang akan berdampak baik pula pada kinerja mutu internal lembaga,” tambahnya.

Sementara itu, Altril Rayendra mengatakan, pandemi memaksa lembaga untuk berubah lebih cepat dan menjadi lebih baik. Salah satu pedoman dalam rangka melakukan perubahan tersebut dikatakannya adalah Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI).

“SPMI adalah jantung, khususnya seperti kami sebagai lembaga pendidikan vokasi. Tidak mudah bagi AMN sebagai lembaga yang ada dibawah dua kementerian yaitu Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dan juga Kementerian Perhubungan. Untuk itu, terimakasih kepada UKSW yang sudah berkenan membimbing dan menjadi mentor,” katanya.

UKSW
Penandatangan kerja sama antara UKSW Salatiga dan UMN Cilacap. (Istimewa-UKSW Salatiga)

Baca juga: Peduli Sesama, DCSW UKSW Salatiga Beri Bantuan untuk Korban Merapi

Ditegaskan Altril, kerja sama ini merupakan wujud nyata komitmen AMN untuk tidak hanya menjadi penonton saja tetapi ikut ambil bagian sebagai pemain dalam dunia pendidikan. Serta terus mengasah diri untuk menjadi penyelenggara pendidikan vokasi yang terbaik.

Kerja sama yang akan berlangsung selama empat tahun ke depan ini akan dilakukan dalam bentuk pendampingan penyusunan dokumen Unit Penjaminan Mutu Internal (UPMI). Kemudian pelatihan Audit Mutu Internal dan Auditor Internal serta pelaksanaan monitoring dan evaluasi. Pendampingan dan pelatihan akan dilakukan oleh Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UKSW.

Turut hadir dalam acara ini dari UKSW adalah Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Internasional (BKHI) Neny Isharyanti, Ph.D, Kepala LPM Prof. Intiyas Utami, serta sejumlah auditor mutu UKSW. Dari AMN antara lain Anggota Dewan Pengawas Yayasan Pembina Pendidikan Kemaritiman Christina Widiantarti, S.H, Wakil Direktur Dhion Meitreya Vidhiasi, M.Hum, Kepala Unit Kerjasama Oktavianus Teguh Prayitno, S.T, serta Koordinator Pengembangan Sistem Mutu dan Pengendali Dokumen Luthfiana Tarida, M.Pd.

 

 

Rekomendasi
Berita Lainnya