SOLOPOS.COM - Gedung UPBJJ-UT Surakarta di Jl. Raya Solo-Tawangmangu Km 9,5, Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Jateng. (Solopos.com-Ginanjar Saputra)

Solopos.com, SOLO — Universitas Terbuka (UT) Surakarta merupakan perguruan tinggi negeri yang menerapkan sistem kuliah jarak jauh. Pembelajaran di UT Surakarta dilakukan secara online dengan meemanfaatkan teknologi informasi terkini.

Atas kecanggihan sistem perkuliahan di UT Surakarta, perguruan tinggi tersebut kini dijuluki Cyber University of Indonesia. Direktur UT Surakarta, Yulia Budiwati, menjelaskan UT selalu menyempurnakan sistem pembelajaran jarak jauhnya.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

"Tutorial online kami sempurnakan. Dulu Antara aplikasi turorial dan aplikasi penilaian masih terpisah, sekarang kita jadikan satu, itu memudahkan tutor," ujarnya kepada Solopos.com di The Sunan Hotel Solo, Jawa Tengah (Jateng), Senin (18/11/2019).

Selain itu, bahan ajar digital juga masih terus dikembangkan pihak UT. "Nanti mahasiswa belajar itu sudah ada multimedianya, bahan ajarnya di aplikasi tutorial online," ungkap Yulia.

Direktur UT Surakarta tersebut menegaskan kampusnya akan terus menyempurnakan sistem pembelajaran online demi memudahkan mahasiswa. "Kita ngomong di mana pun kapan pun kalian bisa belajar," lanjut Yulia.

Ia juga menjelaskan UT tengah mengembangkan sistem di mana mahasiswa bisa melakukan ujian segala tempat. Namun sistem tersebuut belum bisa diterapkan karena ada beberapa kendala, terutama dalam mencegah kecurangan saat ujian.

"Untuk mahasiswa yang bisa ujian di mana saja itu masih dikembangkan karena memang enggak mudah, terutama mendeteksi kecurangan," pungkas Yulia.

Dengan julukan Cyber University of Indonesia, UT Surakarta bukanlah perguruan tinggi yang dipandang sebelah mata. UT Surakarta pun memiliki tagline yang mulia, yaitu Making Higher Education Open to All atau Membuka Perguruan Tinggi untuk Semuanya.

Makna dari tagline ini adalah Universitas Terbuka memberikan kesempatan kepada siapa pun berhak dan bisa mengenyam pendidikan tinggi.

Kampus UT Surakarta berada di Jl. Raya Solo-Tawangmangu Km 9,5, Desa Sapen, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Jateng. Kampus tersebut membuka pendaftaran kapan saja untuk siapa saja yang ingin mengenyam pendidikan tinggi dan bisa dilakukan secara online melalui laman Sia.ut.ac.id.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya