Seluruh Desa dan Kelurahan di Sragen Rampungkan Musrenbang 2023

Seluruh desa dan kelurahan di Sragen yang berjumlah 208 telah merampungkan musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) 2023.

 Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati memaparkan penjabaran visi dan misi selama satu periode ke depan dalam gambaran umum RPJMD Sragen 2021-2026 di Aula Sukowati Setda Sragen, Selasa (31/8/2021). (Solopos/Tri Rahayu

SOLOPOS.COM - Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati memaparkan penjabaran visi dan misi selama satu periode ke depan dalam gambaran umum RPJMD Sragen 2021-2026 di Aula Sukowati Setda Sragen, Selasa (31/8/2021). (Solopos/Tri Rahayu

Solopos.com, SRAGEN — Sebanyak 208 desa dan kelurahan di Kabupaten Sragen sudah menyelesaikan musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) untuk kegiatan di 2023. Hasil musrenbang desa/kelurahan tersebut menjadi bottom planning dalam penyusunan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) Kabupaten Sragen 2023 yang akan diuji publik pada Selasa (25/1/2022).

Kabid Perencanaan, Pengendalian, dan Evaluasi Pembangunan Daerah Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian, dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Sragen, Dasih R. N. I, menjelaskan musrenbang desa/kelurahan sudah selesai pada pekan kedua Januari ini.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Dia menerangkan usulan paling banyak berkaitan dengan bantuan keuangan khusus (BKK) yang menjadi sumber aspirasi para legislator DPRD Sragen. “Setelah tahapan itu, besok kami akan melakukan public hearing awal RKPD 2023. Konsultasi publik itu didasarkan pada Peraturan Menteri Dalam negeri No. 86/2017,” jelas Dasih.

Baca Juga: Awalnya Menolak, PKL Depan SDN 4 Sragen Kini Rela Direlokasi

Dia menerangkan RKPD itu disusun dengan lima pendekatan, yakni pendekatan technocratic planning atau rancangan awal RKPD; top down planning yakni perencanaan dari Pemerintah Provinsi dan pemerintah pusat; bottom up planning atau usulan dari hasil musrenbang desa/kelurahan yang diakomodasi perangkat daerah kabupaten; political planning dari pokok-pokok pikiran DPRD; dan partisipatif planning atau dengan pelibatan semua pemangku kepentingan.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Kerusuhan Babarsari Gotham City, Buah Masyarakat Multietnis

+ PLUS Kerusuhan Babarsari Gotham City, Buah Masyarakat Multietnis

Tawuran yang terjadi di Kawasan Babarsari, Kalurahan Caturtunggal, Kapanewon Depok, Sleman, DIY, Jogja, Senin (4/7/2022) hingga berjuluk Gotham City tak lepas dari situasi sosial masyarakat yang multietnis atau heterogen.

Berita Terkini

Workshop Fotografi, Belajar Menggali Ide Photo Story

fotografi dikenal istilah foto tunggal dan jamak atau biasa disebut photo story.

Hampir Penuh, 33 Siswa Pasar Kliwon Daftar Kelas Virtual SMAN 2 Solo

Sebanyak 33 siswa asal Pasar Kliwon mendaftar kelas virtual yang disediakan di SMAN 2 Solo dengan kuota satu rombongan belajar sebanyak 36 kursi.

Hari Ini, G20 Solo Bahas Reformasi WTO Sampai Investasi Berkelanjutan

Pertemuan kedua Forum TIIWG G20 yang akan berlangsung di Hotel Alila Solo, Rabu (6/7/2022) ini, membahas tiga isu strategis.

Siap-Siap Ada Hujan Lebat, Ini Prakiraan Cuaca Karanganyar Rabu

Cuaca di Karanganyar hari Rabu (6/7/2022) ini akan diwarnai hujan lebat. Simak ulasan lengkap prakiraan cuaca di Karanganyar hari ini di sini.

Prakiraan Cuaca Boyolali Hari Ini, Potensi Hujan Lebat Sore Hari

Simak prakiraan cuaca wilayah Boyolali untuk hari ini Rabu (6/7/2022) yang tersaji lengkap.

Masterplan BST, Prioritaskan Wilayah Soloraya

Empat koridor BST melayani penumpang di dalam Kota Solo, mulai dari Terminal Palur hingga Bandara Adi Soemarmo. Sedangkan dua Koridor terakhir melayani penumpang dari Kartasura menuju Mojolaban, Sukoharjo dan Terminal Tirtonadi menuju Solo Baru.

Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini: Siap-Siap Bawa Payung

Jangan tinggalkan payung dulu hari ini. Pasalnya menurut prakiraan cuaca, Sragen hari ini akan diguyur hujan lebat.

Prakiraan Cuaca Solo Rabu 6 Juli: Waspada Hujan Deras Dan Suhu Tinggi

Kota Solo akan diguyur hujan deras menurut prakiraan cuaca BMKG pada sore hari ini, Rabu (6/7/2022).

Pengakuan Napi Rutan Solo Soal Alasan Kabur: Kesepian Dan Kangen Anak

Napi Rutan Solo yang berusaha kabur dengan cara memanjat atap masjid dan dapur pada Senin (4/7/2022) beralasan ia kesepian dan kangen dengan anaknya.

Temuan Granat Nanas di Boyolali: Buatan Italia, Luaran Seperti Sisik

Penjelasan detail mengenai granat nanas yang ditemukan warga Boyolali pada Senin (4/7/2022) malam.

Noah - Geisha Bakal Manggung Di Solo, Ini Lokasi Dan Harga Tiketnya

Grup band Noah ditemani Geisha akan manggung di Solo pada 16 Juli mendatang, tiketnya dijual secara online.

394 Jabatan Perangkat Desa di Klaten Kosong, Kapan Rekrutmen Digelar?

Ratusan jabatan perangkat desa di Kabupaten Klaten kosong.

Alasan Jembatan Jurug B Solo Dibongkar: Lebih Hemat Ketimbang Perbaikan

Ada sejumlah alasan kenapa Jembatan Jurug B Solo menggunakan struktur Callender Hamilton (CH) lebih baik dibongkar dan diganti ketimbang sekadar diperbaiki.

Hujan Lebat, 3 RT di Dukuh Bedodo, Gatak, Sukoharjo Terendam Banjir

Hujan lebat menyebabkan tiga RT di Dukuh Bedodo, Desa Blimbing, Kecamatan Gatak, Sukoharjo, terendam banjir. 

Unik! Ada Poster Bergambar 7 Presiden RI Di Tipes Solo, Gibran Nomor 9

Seorang pengusaha showroom mobil di Tipes, Solo, memajang poster bergambar deretan Presiden RI dan menempatkan foto Gibran Rakabuming Raka di kotak nomor sembilan.