Selundupkan Harley Davidson, LHKPN Dirut Garuda Indonesia Ari Askhara Disorot KPK
I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra memberikan keterangan pers seusai Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk di Garuda Centre, Tangerang, Banten, beberapa waktu lalu. (Antara-Muhammad Iqbal)

Solopos.com, JAKARTAKomisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyoroti Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Direktur Utama nonaktif PT Garuda Indonesia Tbk, I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra alias Ari Askhara.

Wakil Ketua KPK Laode M. Syarif mengatakan bahwa pelaporan harta kekayaan seorang penyelenggara negara harus dilaporkan secara benar.

Dalam penelusuran Bisnis/JIBI, Ari Askhara tercatat memiliki harta Rp37,5 miliar yang terakhir dilaporkan pada Maret 2019. Dia juga mempunyai tiga mobil dengan total nilai Rp1,37 miliar.

Adapun ketiga mobil itu adalah Mitsubshi Pajero Sport 2012 senilai Rp325 juta, Mazda 6 tahun 2017 senilai Rp420 juta dan Lexus 2016 senilai Rp625 juta. Dalam LKHPN, dia tak tercatat memiliki motor.

Dicopot Erick Thohir, Ini Dosa-Dosa Ari Askhara Sebagai Dirut Garuda Indonesia

"Saya belum cek hal itu di kantor, soal LHKPN beliau. Tapi kita berharap bahwa setiap pejabat publik itu melaporkan [hartanya] secara benar," tutur Laode, Jumat (6/12/2019).

Dirut Garuda Dipecat, Kementerian BUMN Banjir Karangan Bunga Terima Kasih

Laode juga menyindir halus Ari Askhara yang diketahui menyelundupkan motor Harley-Davidson bekas dan dua sepeda Brompton dari Toulouse, Prancis, via pesawat Airbus A330-900 Neo milik Garuda Indonesia.

Prostitusi Pelajar SMP Bertarif Ratusan Ribu Terbongkar

"Kalau misalnya memang dia banyak koleksi Harley Davidson-nya terus ternyata tak dilaporkan dalam LHKPN, ya, berarti beliau enggak layak jadi direktur Garuda," kata Laode.

Terungkap! Jafar Shodiq Tak Bergelar Habib

Menurut Laode, seharusnya manajemen Garuda Indonesia saat ini dapat memetik pelajaran dari kasus dugaan suap mantan Dirut Garuda Emirsyah Satar. Namun, nyatanya hal itu kembali terjadi meskipun dengan kasus lain.

Terkuak! Ini Rahasia Pijat Alat Vital Ala Mak Erot

Atas kejadian ini, dia mengaku kecewa di tengah kasus pengadaan pesawat dan mesin pesawat dari Airbus S.A.D dan Rolls-Royce P.L.C kepada PT Garuda Indonesia Tbk yang akan masuk ke tahap persidangan.

Tips Siapkan Anak Agar Tak Iri dengan Kehadiran Adik Baru

"Kalau sekarang kasusnya [Emirsyah Satar] saja baru mau di sampaikan ke pengadilan sudah ada lagi kejadian yang sama di Garuda, ya, kecewalah, masyarakat kecewa dan KPK juga kecewa," kata Laode.

Patut Dicoba! Tips Agar Tidak Mendengkur Saat Tidur

Sebelumnya, dalam konferensi pers di Kementerian Keuangan kemarin diketahui bahwa pretelen moge Harley Davidson dan dua sepeda Brompton tersebut milik seseorang berinisial AA yang merujuk pada nama Direktur Utama Garuda Ari Askhara.

Bentrok Usai Demo Protes Gus Muwafiq, PCNU Solo: Malu! Mau Sampai Kapan?

Barang ilegal itu dibawa dari Toulouse, Prancis, menuju Jakarta dan disimpan di lambung pesawat Airbus A330-900 Neo milik Garuda Indonesia. Kejadian ini berujung pada pencopotan jabatan Ari Askhara oleh Menteri BUMN Erick Thohir.

Batik Modern, Trend Fashion Kekinian yang Kian Mendunia

Adapun Plt Dirut Garuda akan dijabat oleh Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Garuda Indonesia Fuad Rizal hingga menunggu RUPS guna menunjuk dirut definitif.

Jelang Kedatangan Gus Muwafiq, 2 Massa Bentrok di Solo

Sumber: Bisnis/JIBI


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho