Tutup Iklan

Selogiri Padam, Giliran Hutan di Eromoko Wonogiri Terbakar

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, WONOGIRI — Kebakaran hutan kembali terjadi di Wonogiri. Kali ini di wilayah Desa Parangjoho, Kecamatan Eromoko. Api menghanguskan lahan hutan seluas 10 hektare di wilayah itu pada Senin (12/8/2019) malam.

Sebelumnya, api menghanguskan area hutan di sembilan gunung kawasan Dusun Ngemplak, Kepatihan, Selogiri, pada Sabtu (10/8/2019) pagi hingga Minggu (11/8/2019) malam. Total kasus kebakaran hutan terjadi di delapan lokasi di Kota Sukses dalam kurun waktu dua pekan terakhir.

Camat Eromoko, Danang Erawanto, kepada Solopos.com, Selasa (13/8/2019), menginformasikan api kali pertama diketahui muncul tak jauh dari jalan dusun pukul 20.00 WIB. Lalu api menjalar membakar hutan rakyat dan desa.

Api itu terus menjalar menuju permukiman warga. Warga bersama polisi dan TNI memadamkan api secara manual menggunakan alat seadanya, seperti ranting pohon yang terdapat daun basah.

Tim harus naik ke lereng terjal untuk memadamkan api yang membakar semak belukar dan pepohonan. Akhirnya api dapat dipadamkan pada tengah malam.

“Kemungkinan penyebabnya ulah manusia. Bisa jadi ada yang membuang puntung rokok yang masih menyala saat melintas di jalan. Mungkin juga ada yang membakar sampah di tepi jalan tanpa diawasi,” kata Camat saat dihubungi Solopos.com.

Dia memperkirakan hutan yang terbakar seluas 2-3 ha. Data itu berbeda dengan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Menurut Kepala Pelaksana Harian BPBD Wonogiri, Bambang Haryanto, hutan di Ngunggahan yang terbakar seluas lebih kurang 10 ha. Tanaman yang hangus meliputi pohon jati dan semak-semak kering.

Bambang mengimbau warga sekitar hutan tak membuang puntung rokok di kebun dan tak membakar ranting atau dedaunan kering di kebun. Api berpotensi menjalar ke area sekitarnya hingga membakar hutan maupun permukiman.

Potensi kebakaran pada kemarau seperti sekarang semakin tinggi. Dia mengingatkan berdasar prediksi BMKG, kemarau akan terjadi Agustus ini hingga September mendatang.

“Warga, terutama yang bertempat tinggal di dekat hutan, harus siaga,” ucap Bambang.

Berita Terkait

Berita Terkini

Beda Gejala Sesak Napas Covid-19 dan Asma, Wajib Tahu!

Tips kesehatan kali ini membahas tentang perbedaan gejala sesak napas akibat Covid-19 dengan asma.

Aksi Tolak Pemecatan 56 Pegawai KPK, Mahasiswa dan Polisi Saling Dorong

Pegawai KPK gagal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Eky Taufik Dedikasikan Gol untuk Suporter Persis Solo

Persis Solo berhasil mengalahkan AHHA PS Pati dua gol tanpa balas dalam laga pembuka Liga 2 di Stadion Manahan pada Minggu (29/9/2021) malam.

Bukti Persahabatan Jennie Blackpink dan Jung Ho Yeon Bintang Squid Game

Namun sebetulnya bukti persahabatan Jennie Blackpink dan Jung Ho Yeon sangat banyak.

Outlet Galeri 24 Kini Sudah Ada Ratusan, Cek Daftarnya di Sini!

Di bawah ini terdapat daftar lengkap outlet tempat investasi emas, Galeri 24 yang telah mencapai 105 cabang.

Ampuhkah Masker Kain Adang Varian Delta? Begini Penjelasan Pakar

Standar utama masker medis adalah N95, namun masih banyak masyarakat memakai masker kain untuk adang penularan varian Delta.

2 Pabrik Pil Koplo di Yogya Digerebek, Produksi 2 Juta Pil Per Hari

Aparat kepolisian mengungkap kasus peredaran pil koplo di Yogyakarta, di mana terdapat dua pabrik yang memproduksi dengan kapasitas 2 juta pil per hari.

Sebelum Membakar, Pria Sragen Hantam Kaca Mobil Tetangga Pakai Cangkul

Rangkaian peristiwa sebelumnya, tersangka sakit hati karena pernah dipinjami kendaraan bermotor rusak sehingga hal itu dianggap tersangka sebagai penghinaan.

5 Pasar Tradisional di Sragen Terbakar dalam 10 Tahun, Ini Daftarnya!

Para pedagang dan pengelola pasar lainnya diimbau berhati-hati agar tidak terjadi musibah serupa. Empat kejadian kebakaran lainnya terjadi di tiga pasar dengan penyebabnya korsleting.

Peringati Hari Batik, Ibu-Ibu Kenalkan Penutup Kepala Berbagai Daerah

Merawat keberagaman budaya warisan leluhur khususnya penutup kepala

Nama Jennie Blackpink Muncul di Akhir Kredit Squid Game, Kok Bisa?

Meski tak ikut bermain, nama Jennie Blackpink muncul di kredit Squid Game.

Uji Petik Swab Antigen di Sekolah Bakal Digelar Rutin Setiap Bulan

Tes acak swab antigen kepada guru dan siswa bakal digelar rutin sekali dalam sebulan untuk mencegah munculnya klaster Covid-19 dari penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka (PTM).

Fix! Stadion Manahan Solo Bakal Jadi Venue Liga 1

PT. Liga Indonesia Baru (LIB) memastikan Stadion Manahan bakal digunakan sebagai lokasi pertandingan Liga 1.

Saiful Arifin, Wabup Sekaligus Bos PSG Pati

Nama Wakil Bupati Pati tiba-tiba mencuat karena kobtribusinya dalam sepak bola nasional dengan mengakuisisi klub sepakbola Jawa Timur, PSG Gresik dan mengubahnya menjadi PSG Pati.

Granat Nanas di Dekat Stasiun Solo Balapan Sempat Dikira Mainan

Granat nanas yang ditemukan pekerja proyek PT KAI di dekat Stasiun Solo Balapan, Minggu (26/9/2021), sempat dikira mainan.