SOLOPOS.COM - Selfie berujung batal lulus kuliah (Istimewa)

Selfie kontroversial Mahasiswa asal UiTM membuatnya batal lulus.

Solopos.com, KOALA LUMPUR – Kisah unik terjadi di Malaysia. Seorang mahasiswa Diploma Fotografi Universiti Teknologi Mara (UiTM) Muhammad Hasrul Haris Mohd Radzi, di Malaysia, gagal diwisuda lantaran melakukan selfie.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selfie yang dilakukan Radzi boleh jadi tidak wajar. Dilansir TheMalayOnline.com, Kamis (27/5/2015), Radzi ber-selfie dengan petinggi UiTM saat upacara wisuda berlangsung. Aksi ini lantas direspons pihak universitas dengan menunda kelulusannya.

Menurut keterangan Wakil Rektor UiTM Prof Dr Sahol Hamid Abu Bakar sang Mahasiswa melakukan tindakan yang memalukan almamater fakultasnya. “Tindakannya mempermalukan UiTM,” ujar Sahol.

Sang wakil Rektor juga mengatakan kalau sebelum dimulainya acara wisuda, para mahasiswa telah mendapat arahan untuk menjaga kesopanan. Ia juga mengatakan kalau dalam tradisi Melayu, wisuda merupakan acara yang terhormat dan sakral.
“Dia seharusnya menghormati upacara dan para pengajar. Ini merupakan tradisi penting yang menjadi sorotan,” kata Sahol.

Atas kejadian yang tak terduga itu Radzi akhirnya meminta maaf. Ia mengaku terlalu gembira hingga harus melakukan selfie. Ia juga mengaku hanya ingin mengabadikan momen terpenting dan bersejarah itu.

“Saya tidak berpikir ada yang salah ketika saya mengambil foto setelah bekerja keras selama dua setengah tahun untuk meraih diploma,” akunya.

Sahol mengatakan insiden ini terjadi selama dua kali. Ia berharap hal ini bisa menjadi pelajaran bagi mahasiswa lainnya. Padahal, tak ada peraturan tertulis untuk melarang selfie. Itu setidaknya yang menjadi alasan sang mahasiswa melakukan selfie.

“Saya harap kasus ini bisa menjadi pelajaran bagi semua mahasiswa sehingga kejadian serupa yang mencemarkan nama UiTM tidak terjadi lagi,” tandas sang wakil rektor lagi.
“Biarkan mereka menyebut saya kejam, tapi saya lebih suka anak mati ketimbang harus kehilangan tradisi,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya