Selfie dengan pasien sekarat (sinaweibo)

Selfie Kontroversial dokter bedah di China ramai dibicarakan netizen. Foto yang kini jadi trending sosmed itu menampilkan selfie bersama pasien yang sedang dioperasi.

Solopos.com, BEIJING – Inilah salah satu foto mandiri (selfie) paling kontroversial sepanjang 2014. Sekelompok dokter bedah di Xi’an, China, ber-selfie di tengah-tengah proses operasi. Foto ini menuai kecaman di berbagai jejaring sosial.

Diberitakan Asia One, Selasa (23/12/2014), selfie ini dilakukan di sebuah ruang operasi bedah di Fengcheng Xi'an. Sekelompok dokter itu memakai perangkat dan seragam petugas ruang operasi. Foto tersebut menampilkan para dokter berpose di depan seorang pasien yang terbaring tak sadarkan diri.

Foto ini mulanya diunggah di akun jejaring sosial, Sina Weibo, milik salah satu teman dokter tersebut. Foto lantas beredar luas di jagat maya negeri Tirai Bambu.

Dalam keterangan foto itu, disebutkan para dokter bedah sedang berselfie saat mengoperasi pasien yang sedang sekarat. Entah bermaksud bercanda atau serius, foto itu langsung menuai protes.

Menurut laporan situs itu, hingga Senin (22/12/2014) siang waktu setempat, foto itu sudah dilihat 9,9 juta kali dan sudah dikomentari lebih dari 12.000 kali. Mereka yang mendukung mengatakan para dokter sah-sah saja berfoto, sebab bisa saja mereka berfoto setelah berhasil mengoperasi seorang pasien.

Namun sebagian besar netizen mengecam aksi itu. Mereka menganggap ber-selfie saat melakukan pekerjaan yang genting tentu sangat tidak etis. Apalagi di saat yang sama, seorang pasien butuh segera ditangani.

Departemen kesehatan China lantas mencopot tiga pejabat di Rumah Sakit Fengcheng Xi'an. Ketiganya adalah wakil direktur rumah sakit, kepala sal, dan kepala perawat di bagian anestesi. Sementara itu, seluruh pekerja medis yang ada dalam foto itu diberikan catatan khusus serta hukuman administratif.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten