Selesaikan Divestasi Freeport, Bos Freeport McMoran Datangi Istana
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan (kanan) bersama dengan CEO Freeport McMoran Inc. Richard Adkerson (tengah) berjalan memasuki Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (21/12/2018). (Bisnis-Amanda Kusumawardhani)

Solopos.com, JAKARTA -- CEO Freeport McMoran Inc. Richard Adkerson mendatangi Istana Kepresidenan, Jakarta, untuk bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Jumat (21/12/2018). Adkerson datang untuk membahas penyelesaian divestasi saham PT Freeport Indonesia (PTFI).

Pada kesempatan ini, sejumlah menteri juga terlihat masuk ke Istana Kepresidenan dengan Adkerson yakni Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya, dan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani.

Ketika ditanya awak media soal alasan kedatangannya ke Istana berkaitan dengan penuntasan proses divestasi saham Freeport, Jonan hanya menjawab, "Tunggu saja."

Sebelumnya, Presiden Jokowi menargetkan proses divestasi saham Freeport mesti rampung pada akhir tahun ini. Berdasarkan catatan Bisnis, PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau Inalum, Freeport McMoRan Inc. (FCX), dan Rio Tinto telah menandatangani sejumlah perjanjian sebagai kelanjutan dari Pokok-Pokok Perjanjian (Head of Agreement/HoA) terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di Freeport Indonesia ke Inalum pada September 2018. 

Sejumlah perjanjian tersebut meliputi perjanjian divestasi Freeport Indonesia, perjanjian jual beli saham PT Rio Tinto Indonesia (PTRTI), dan Perjanjian Pemegang Saham Freeport Indonesia.

Jumlah saham Freeport Indonesia yang dimiliki Inalum akan meningkat dari 9,36% menjadi 51,23%. Sementara itu, Pemerintah Daerah (Pemda) Papua akan memperoleh 10% dari 100% saham PTFI. 

Perubahan kepemilikan saham PT Freeport Indonesia ini akan resmi terjadi setelah transaksi pembayaran sebesar US$3,85 miliar atau setara dengan Rp56 triliun kepada FCX diselesaikan sebelum akhir 2018.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom