SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)--Panitia Pelaksana Penerimaan siswa baru (PSB) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Solo menyatakan proses seleksi siswa pada jenjang pendidikan SD tidak menggunakan tes baca, tulis dan berhitung (Calistung).

Menurut Panitia PSB Kota Solo, Budi Setiono Adi, mengacu pada panduan penerimaan peserta didik baru tahun pelajaran 2010/2011, persyaratan yang ditekankan pada penerimaan siswa tingkat SD yakni usia enam hingga 12 tahun dan lokasi sekolah. Dia mengatakan, proses seleksi berupa Calistung tidak masuk dalam ketentuan yang berlaku. Menurutnya, dinas akan memantau dan mengawasi proses pelaksanaan PSB tersebut apabila sekolah masih menggunakan metode itu.

Promosi Simak! 5 Tips Cerdas Sambut Mudik dan Lebaran Tahun Ini

“Tidak ada dalam panduan, bahwa untuk masuk SD harus melampaui proses tes Calistung,” jelas dia ketika dijumpai Espos Senin (7/6).

Hal tersebut dibenarkan Kepala Disdikpora Kota Solo, Rakhmat Sutomo. Menurutnya, masa transisi TK dan SD masih kental dengan dunia bermain, sehingga apabila di suatu sekolah peminat atau pendaftarnya berlebih maka proses seleksi yang digunakan tidak berupa Calistung. Menurutnya, siswa dapat diseleksi dengan pengenalan warna, bentuk, gambar atau pembelajaran edukatif lainnya.

das

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya