SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemungutan suara pemilihan umum. (JIBI/Semarangpos.com/Dok.)

Seleksi Rektor UGM, ada sembilan nama yang masuk

Harianjogja.com, JOGJA – Kompetisi sengit akan mewarnai tahapan seleksi calon Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) periode 2017-2022. Dwikorita Karnawati yang menjadi  petahana dalam pemilihan itu akan berhadapan dengan delapan kandidat.

Promosi Liga 1 2023/2024 Dekati Akhir, Krisis Striker Lokal Sampai Kapan?

Baca Juga : SELEKSI REKTOR UGM : Petahana Ditantang Delapan Kandidat

Anggota Panitia Kerja Pemilihan Rektor UGM Arie Sudjito menyampaikan sembilan kandidat yang akan berebut kursi Rektor UGM itu semuanya berasal dari internal kampus. Fakultas Teknik menyumbang paling banyak calon. Ada empat kandidat dari fakultas ini. Termasuk rektor yang saat ini masih menjabat Dwikorita Karnawati berasal dari fakultas ini.
Tiga akademisi tambahan dari Fakultas Teknik yang turut meramaikan pemilihan calon rektor adalah  Bagas Pujilaksono, Panut Mulyono dan Nizam. Lima kandidat lainnya berasal dari Fakultas Peternakan, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Fisipol dan Fakultas Kedokteran.

Penantang Dwikorita dalam pemilihan kali ini juga mayoritas sosok yang sudah berpengalaman di fakultas masing-masing. Ada yang masih berposisi dekan aktif dan mantan dekan. Calon yang masih berposisi dekan aktif di antaranya, Ali Agus sebagai Dekan Fakultas Peternakan dan Irwan Agus parwanto sebagai Dekan Fisipol.

Sementara itu Ketua Panja pemilihan Rektor UGM Indarto mengungkapkan, pihaknya sudah menerapkan mekanisme sebagaimana yang dipersyaratkan. Termasuk kuota partisipasi kaum perempuan sudah diakomodasi dengan adanya dua calon perempuan, yakni Dwikorita Karnawati dan Sawitri Prihatiningsih.

Terkait mekanisme lanjutan, Indarto mengungkapkan, bagi para kandidat akan diberi kesempatan menyampaikan visi misi di depan cvivitas akademik.

“Dari sembilan akan diseleksi di tingkat senat, kemudian diringkas jadi tiga untuk di bawa ke sidang Majelis Wali Amanat (MWA). Nanti finalnya MWA yang menentukan,” jelasnya.

Indarto juga memastikan tidak akan ada agenda debat antar kandidat. Hanya saja pihaknya akan  mengeksplorasi program kerja dari semua kandidat. Kendati begitu dia menjamin tidak akan berkurang sensivitasnya.

Grafis Asal Para Kandidat

1. Bagas Pujilaksono Fakultas Teknik
2. Panut Mulyono Fakultas Teknik
3. Ali Agus Dekan Fakultas Peternakan
4. Madradad Kuncoro Fakultas Ekonomika dan Bisnis
5. Dwikorita Karnawati Fakultas Teknik/calon petahana
6. Erwan Agus Purwanto Dekan Fisipol
7. Titi Sawitri Prihatiningsih Mantan Dekan Fakultas Kedokteran
8. Paripurna Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Alumni/Mantan Dekan Fakultas Hukum
9. Nizam Fakultas Teknik

Sumber : Humas UGM

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya