SELEKSI PIMPINAN KPK : Soal Komposisi Pansel KPK, Ruki: Biar Masyarakat Menilai

SELEKSI PIMPINAN KPK : Soal Komposisi Pansel KPK, Ruki: Biar Masyarakat Menilai

SOLOPOS.COM - Taufiequrrachman Ruki (JIBI/Solopos/Antara)

Seleksi pimpinan KPK akan dilaksanakan oleh pansel yang ditunjuk oleh Presiden Jokowi.

Solopos.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menunjuk panitia seleksi pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang seluruhnya wanita. Terkait hal itu, KPK tidak ingin ikut campur dan mengomentari terlalu jauh.

Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Pimpinan KPK, Taufieqqurrachman Ruki, KPK menyerahkan kepada masyarakat untuk melakukan penilaian terhadap komposisi panitia seleksi calon pimpinan KPK yang telah dipilih Presiden Jokowi.

"Nanti kan, masyarakat yang menilai," tutur Ruki saat dimintai konfirmasi di Jakarta, Kamis (21/5/2015).

Kendati demikian, menurut Ruki, tidak ada masalah antara komposisi panitia seleksi calon pimpinan KPK yang telah ditunjuk Presiden Jokowi dengan kondisi KPK saat ini yang belum lama selesai berseteru dengan pihak Kepolisian.

"Tidak ada hubungannya antara kondisi KPK saat ini dengan komposisi pansel KPK yang baru dibentuk," kata dia.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi mengumumkan sembilan nama Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta Timur sebelum bertolak kunjungan kerja ke Malang Jawa Timur, Kamis 21 Mei 2015.

Ada sembilan nama yang dipilih Jokowi, berasal dari berbagai latar belakang akademik dan semuanya perempuan. Jokowi membacakan nama Pansel KPK didampingi Mensesneg Pratikno dan Staf Khusus Presiden bidang komunikasi Teten Masduki.

Pansel KPK bentukan Jokowi terdiri atas Destry Damayanti (ekonom, ahli keuangan dan moneter0), Enny Nurbaningsih (pakar Hukum Tata Negara), Harkrituti Haskrisnowo (pakar Hukum Pidana dan HAM), Betti S. Alisjabana (ahli TI dan manajemen), dan Yenti Garnasih (pakar hukum pidana ekonomi dan pencucian uang).

Selain itu, Supra Wimbarti (ahli psikologi SDM dan pendidikan), Natalia Subagyo (ahli tata kelola pemerintahan dan reformasi birokrasi), Diani Sadiawati (ahli hukum), dan Meuthia Ganie-Rochman (ahli sosiologi korupsi dan modal sosial).

Berita Terkait

Berita Terkini

Polres Bantul Masih Kesulitan Melacak Keberadaan R Terkait Kasus Satai Beracun

Polres Bantul belum mampu mengungkap keberadaan R terkait kasus satai beracun. Polisi kesulitan melacak karena handphone R mati.

Hamil di Luar Nikah, Pelajar SMK Magelang Gugurkan Janin 8 Bulan

Pelajar SMK nekat melakukan aborsi pada janin 8 bulan yang ia kandung. Warga menemukan janin yang ia kubur dan melaporkannya ke polisi.

Daging Busuk Kedapatan Dijual di Pasar Tradisional Magelang

Tim Dinas Pertanian dan Pangan Kota Magelang, menemukan daging busuk dijual di pasar saat sidak pasar daging di beberapa pasar tradisional.

35 Jemaah Masjid di Gayam Sukoharjo Jadi Kontak Erat Pasien Covid-19

Sebanyak 35 jemaah Masjid Al Huda Darmosari, Kelurahan Gayam, Kecamatan/Kabupaten Sukoharjo menjadi kontak erat 1 jemaah positif Covid-19.

Warga Kawasan Aglomerasi Boleh Mengunjungi Objek Wisata Klaten

Pemkab Klaten akhirnya tak membatasi daerah asal pengunjung objek wisata. Namun, para pengelola harus tetap menerapkan ketentuan jumlah pengunjung maksimal 30% dari kapasitas.

Miris, Pelaku Pembakar Gadis Cianjur Ternyata Kekasih Sendiri

Polres Cianjur menangkap pria pelaku pembakar gadis bernama Indah Daniarti. Pelaku ternyata kekasih korban.

Tom Cruise Ngamuk Saat Syuting "Mission Impossible 7", Kenapa Ya?

Kesabaran Tom Cruise saat pembuatan Mission Impossible 7 sepertinya tengah diuji.

Resep Opor Ayam Khas Solo Sedap untuk Lebaran

Berikut resep opor ayam spesial khas Solo yang dapat disajikan saat Lebaran tiba untuk menjamu keluarga tercinta.

Cari Bandar Pil Koplo di Lapas Probolinggo, Polisi Pulang dengan Tangan Hampa

Berbekal informasi dari pengedar pil koplo yang mereka tangkap, Satnarkoba Polres Tulungagung Kota merazia Lapas Tulungagung. Namun mereka tak menemukan bandar maupun barang bukti dalam razia tersebut.

Pabrik Snack di Tegalmas Klaten Terbakar, Kerugian Rp500 Juta

Kuat dugaan, kobaran api itu bersumber dari penggorengan di tungku atau kompor yang telah disiapkan dua karyawan pabrik snack itu.

Berkah Bulan Puasa, Penjualan Eceran Maret 2021 Melejit dari Posisi Minus

Hasil Survei Penjualan Eceran (SPE) mengindikasikan peningkatan kinerja penjualan eceran secara bulanan pada Maret 2021.

320 Bidang Tanah Telah Dibebaskan untuk JLT, 6 Pemilik Lahan Menolak

Pembayaran ganti rugi lahan dan bangunan milik masyarakat dilaksanakan di aula Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sukoharjo, Senin (10/5/2021).