SOLOPOS.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). (Dok/JIBI)

Seleksi pimpinan KPK yang dilakukan pansel dan DPR telah menghasilkan 5 nama terpilih.

Solopos.com, JAKARTA – Pelaksana tugas Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berharap pimpinan baru lembaga antirasuah itu dapat menjaga integritas KPK sebagai lembaga pemberantas korupsi.

Promosi Keren! BRI Raih Enam Penghargaan di PR Indonesia Awards 2024

“Kami yakini dapat menjaga integritas dan karismatik kelembagaan KPK sebagai penegak hukum yang dipercaya publik,” ujar Indriyanto Seno Adji, pimpinan sementara KPK, Jumat (18/12/2015).

Indriyanto menyebut para pimpinan baru KPK perlu diberikan kesempatan untuk bekerja agar dapat membuktikan integritasnya dan memastikan pemberantasan korupsi dapat dilakukan dengan tegas.

Sementara itu, ketua sementara KPK Taufieqqurahman Ruki tidak ingin mengomentari tentang lima pimpinan baru KPK.

“Saya tidak kenal kepada mereka dan tidak pernah bekerja bersama mereka. Jadi bagaimana saya bisa mengomentari apalagi menilai mereka?” kata Ruki.

Sementara Johan Budi, salah satu calon pimpinan KPK yang sebelumnya menjabat sebagai Plt Pimpinan KPK mengaku berbesar hati tidak terpilih. Menurut dia, keluarga kurang memberi dukungan lantaran waktu untuk keluarga menjadi berkurang.

Seperti diketahui, Komisi III DPR melakukan voting untuk memilih lima nama pimpinan baru KPK. Hal tersebut dilakukan setelah upaya musyawarah mufakat tidak mendapatkan hasil.

Lima calon terpilih dengan suara terbanyak yaitu Agus Rahardjo (53 suara), Basaria Panjaitan (51 suara), Alexander Marwata (46 suara), Laode Muhammad Syarif (37 suara), dan Saut Situmorang (37 suara). Mereka terpilih sebagai Pimpinan KPK periode 2015-2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya