SOLOPOS.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). (Dok/JIBI)

Seleksi pimpinan KPK tengah berlangsung.

Kanalsemarang.com, SEMARANG — Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Tengah Zainal Abidin Petir ikut meramaikan bursa calon pimpin Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Zainal mendaftar calon ketua lembaga anti rasuah tersebut, karena merasa tertantang untuk menghadapi para koruptor yang memiliki kekuatan hebat baik ekonomi dan kekuasaan.

“Saya mendaftar sebagai calon pimpinan KPK karena tertantang menghadapi para koruptor yang merugikan keuangan negara,” kata Koordinator Lembaga Advokasi Wartawan (LAW) PWI Jateng kepada wartawan di Semarang, Kamis (25/6).

Dia mengatakan telah menyerahkan secara langsung berkas formulir pendaftaran ke panitia seleksi calon pimpinan KPK di Kantor Sekretariat Negara Jakarta pada Rabu (24/6).

“Persyaratan pendaftaran saya telah dinyatakan lengkap. Tinggal menunggu tahapan selanjutan,” tandas anggota Komisi Informasi Provinsi Jateng ini

Mengenai misinya sebagai calon ketua KPK, Zainal mengatakan ingin membawa lembaga tersebut lebih berintegritas dan bermartabat, sehingga ke depan tidak ada lagi pimpinan yang bermasalah.

Ke depan KPK menurut dia agar lebih berhati-hati dalam perkara dan menetapkan seseorang menjadi tersangka, agar tidak ada celah untuk dipermasalahkan atau digugat praperadilan.

“KPK harus menjadi lembaga yang berani, tapi tetap low profile. Tidak hanya sekadar menjadi lembaga yang ditakuti,” kata Zainal.

Sampai sekarang kemungkinan Zainal merupakan satu-satunya warga Jateng yang mendaftar calon pimpinan KPK. Sementara itu, aktivitas Komite Penyelidikan Pemberantasan Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KPP2KKN) Jateng Eko Haryanto menyatakan belum berniat mendaftar sebagai calon pimpinan KPK.

”Saya masih ada urusan yang harus diselesaikan, sehingga tidak mendaftar calon pimpinan KPK,” ungkap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya