SOLOPOS.COM - Ilustrasi KPK (Nurul Hidayat/JIBI/Bisnis)

Seleksi pimpinan KPK diadakan untuk memilih calon pimpinan KPK yang baru.

Solopos.com, JAKARTA – Proses seleksi pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) segera digelar. Namun mantan Penasihat KPK) Said Zainal Abidin meyakini akan ada conflict of interest atau konflik kepentingan jika nama Romly ?Atmasasmita dan Margarito Kamis masuk dalam daftar nama panitia seleksi (pansel) calon pimpinan KPK.

Promosi Oleh-oleh Keripik Tempe Rohani Malang Sukses Berkembang Berkat Pinjaman BRI

Menurut Said, dua nama tersebut merupakan saksi ahli Komjen Pol Budi Gunawan yang sebelumnya ditetapkan sebagai tersangka KPK dalam sidang permohonan praperadilan beberapa waktu lalu di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Ekspedisi Mudik 2024

“Kalau pendapat saya pribadi begitu. Artinya lebih baik ditarik jangan pakai mereka [Margarito Kamis dan Romli Atmasasmita], biar objektif,” tutur Said di Jakarta, Senin (18/5/2015).

Selain itu menurut Said, dua nama tersebut juga dinilai tidak menarik lagi untuk menjadi panitia seleksi calon pimpinan KPK jilid IV nanti.

Said menjelaskan masyarakat awam dapat melihat dua orang itu tidak tepat menjadi panitia seleksi calon pimpinan KPK.

“Secara orang awam saya melihat [Margarito Kamis dan Romli] kurang menarik, begitu,” imbuh dia.

Seperti diketahui, Menteri Sekretariat Negara (Mensesneg) Pra?tikno telah memastikan bahwa Presiden Joko Widodo atau Jokowi pekan ini, akan mengumumkan nama-nama calon panitia seleksi calon pimpinan KPK untuk jilid IV nanti.

Pasalnya, Presiden Jokowi telah mengantongi beberapa nama yang sudah direkomendasikan Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly dan Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Tedjo Edhy Purdjiatno.

Pada akhir bulan Desember 2015 nanti, seluruh pimpinan KPK dan Pelaksana Tugas Pimpinan KPK jilid III akan memasuki masa aktif terakhirnya dan mendapatkan pimpinan KPK yang baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya