SOLOPOS.COM - Ilustrasi KPK (Nurul Hidayat/JIBI/Bisnis)

Seleksi pimpinan KPK diharapkan segera didahului pembentukan panitia seleksi selekasnya.

Solopos.com, JAKARTA — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ?mengimbau pemerintah segera membentuk panitia seleksi calon pe?mimpin (pansel capim) KPK untuk mencari pimpinan baru KPK.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pada akhir bulan Desember 2015 mendatang, seluruh pimpinan KPK dan pelaksana tugas pimpinan KPK periode III akan memasuki masa aktif terakhir mereka. KPK selanjutnya harus mendapatkan pimpinan baru.

Ekspedisi Mudik 2024

Pelaksana Tugas Pimpinan KPK (Plt) Pimpinan KPK Indriyanto Seno Adji menjelaskan alasan KPK ingin mempercepat proses pembentukan panitia seleksi calon pimpinan KPK. Keinginan ini didasari kenyataan proses untuk pemilihan pimpinan KPK sangat selektif dengan berbasis rekruitmen yang sangat ketat dan ditinjau dari aspek integritas, kapabilitas dan akuntabilitas seorang pimpinan KPK.

“Pembentukan panitia seleksi oleh pemerintah memang sebaiknya dipersiapkan dengan baik dan secepatnya, karena proses pemilihan pimpinan KPK sangat selektif,” tutur Indriyanto kepada Bisnis di Jakarta, Minggu (17/5/2015).

Terpisah, Plt Pimpinan KPK Johan Budi berharap panitia seleksi calon pe?mimpin KPK nanti tidak diisi oleh orang-orang partai politik tertentu, yang dapat mengganggu kinerja institusi hukum KPK ke depan. Menurutnya, panitia seleksi calon pimpinan KPK seharusnya diisi oleh orang-orang yang kredibel dan memiliki integritas dalam memimpin KPK periode IV nanti. “Ini yang terpenting syaratnya,” tutur Johan.

Sebelumnya, Menteri Sekretariat Negara (Mensesneg) Pra?tikno telah memastikan bahwa Presiden Joko Widodo atau Jokowi pekan ini, akan mengumumkan nama-nama calon panitia seleksi calon pimpinan KPK untuk jilid IV nanti. Pasalnya, Presiden Jokowi telah mengantongi beberapa nama yang sudah direkomendasikan Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly dan Menteri Koordinator Politik Hukum dan Kemananan, Tedjo Edhy Purdjiatno.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya