SOLOPOS.COM - Pramono Anung (JIBI/Solopos/Antara/Wahyu Putro A.)

Seleksi pimpinan KPK masih dilaksanakan oleh pansel KPK.

Solopos.com, JAKARTA — Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung menyatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak akan mengoreksi nama-nama yang diusulkan untuk menjadi pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dari panitia seleksi.

Promosi Direktur BRI Tinjau Operasional Layanan Libur Lebaran, Ini Hasilnya

Menurut Pramono, Presiden akan langsung meneruskan nama-nama yang disampaikan pansel ke DPR. Hal tersebut untuk menghindari intervensi dan konflik kepentingan antara pemerintah dengan KPK nantinya.

“Komitmen kami adalah apa pun yang dihasilkan panitia seleksi, maka akan kami teruskan kepada DPR. Mana bisa Presiden melakukan koreksi,” katanya di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (31/8/2015).

Pramono menuturkan Presiden Jokowi secara resmi akan menerima nama-nama yang diusulkan menjadi pimpinan KPK besok.

Hingga kini, pemerintah belum mengetahui siapa saja yang akan diusulkan oleh panitia seleksi kepada Presiden untuk menjadi pimpinan KPK.

Menurutnya, pemerintah juga tidak akan mencampuri proses hukum yang dilakukan institusi penegak hukum kepada calon pimpinan KPK, sehingga Badan Reserse dan Kriminal (Bareskrim) Polri dapat melanjutkan penyelidikannya kepada seluruh pihak yang dianggap melakukan tindakan melanggar hukum.

“Kami tidak ingin intervensi pada proses hukum, maka apa yang disampaikan dan diumumkan oleh Bareskrim nanti ya tunggu saja,” ujar dia.

Pramono menambahkan Pemerintah akan menyerahkan nama-nama tersebut secepatnya kepada DPR, sehingga legislatif memiliki waktu untuk mempersiapkan uji kelayakan dan kepatutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya