SOLOPOS.COM - Komjen Pol Budi Waseso (saat masih menjadi Kabareskrim/kiri) mendampingi Kapolri Jenderal Pol Kapolri Jenderal Badrodin Haiti (kanan) saat memberikan keterangan kepada wartawan terkait penangkapan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (1/5/2015). Kapolri mengatakan penangkapan penyidik KPK dilakukan untuk melengkapi berkas Novel Baswedan sesuai dengan petunjuk jaksa. (JIBI/Solopos/Antara/M Agung Rajasa)

Seleksi pimpinan KPK sudah hampir berakhir. Namun, Bareskrim Polri kian gencar menyebut ada capim KPK yang bermasalah.

Solopos.com, JAKARTA — Selain menyebut ada satu tersangka di antara 48 nama calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (capim KPK), Kabareskrim Komjen Pol. Budi Waseso juga mengatakan ada nama yang terlibat perkara pidana umum dan korupsi.

Promosi Hari Ini Jadi Cum Date Dividen Saham BBRI, Jangan Ketinggalan THR dari BRI

“Ya tidak bisa kita sebutkan yang jelas 48 nama itu sudah kita serahkan. Ada yang korupsi, ada yang pidana umum,” katanya di Kompleks Mabes Polri, Jakarta, Jumat (28/8/2015).

Ekspedisi Mudik 2024

Untuk satu nama yang sudah menjadi tersangka itu, Komjen Budi tidak menyebut dugaan perkara apa yang menjerat capim tersebut. Saat disinggung apakah tersangka itu terlibat pidana umum atau korupsi, dia hanya mengatakan yang bersangkutan terjerat tindak pidana.

Menurut Budi Waseso, Bareskrim Polri hanya mengingatkan panitia seleksi (Pansel) capim KPK agar tak mengabaikan rekomendasi Bareskrim tersebut. Polisi, ujar Budi Waseso, sudah berbuat maksimal menelusuri rekam jejak pimpinan KPK tersebut. Karenanya, dia pun meminta imbauan Bareskrim agar dipertimbangkan.

“Jangan disalah artikan, konon ceritanya dukungan polisi [untuk capim KPK yang berasal dari Polri]. Enggak begitu cara berpikirnya,” katanya.

Sebelumnya, tahap wawancara akhir terhadap 19 calon pimpinan KPK sudah rampung. Selanjutnya pansel akan mengeliminasi kembali hingga tersisa delapan capim untuk diserahkan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya