SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Istimewa/mediaaktual.com)

Seleksi pimpinan KPK diwarnai kabar adanya 1 capim KPK yang ditetapkan tersangka oleh Bareskrim.

Solopos.com, JAKARTA – Penyidik Polri tengah mempelajari tujuh dokumen kasus korupsi dengan tersangka salah satu calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Promosi Safari Ramadan BUMN 2024 di Jateng dan Sulsel, BRI Gelar Pasar Murah

“Ada enam atau tujuh dokumen yang telah kita sita dan sekarang sedang dianalisis,” kata Direktur Ekonomi dan Khusus Badan Reserse Kriminal Polri Brigjen Pol Viktor Simanjuntak di Jakarta, Selasa (1/9/2015).

Dia mengatakan penyidik masih membutuhkan dokumen tambahan untuk memperkuat pembuktian perkara tersebut.

Namun dia masih enggan masih enggan menyebutkan nama atau inisial dari calon pemimpin yang menjadi tersangka.

“Saya tidak akan menjawab apakah ini melibatkan si A atu si B. Nama tersangka tidak akan saya sebutkan. Kalau sudah pemeriksaan baru itu pernyataan tersangka,” kata dia.

Penyidik juga telah memeriksa saksi-saksi dalam kasus yang ditaksir kerugian negara sebesar Rp200 miliar.

Dia juga menolak jika penetapan tersangka itu dikaitkan dengan proses seleksi Capim KPK. “Tidak ada hubungannya, kami memeriksa ketika ada laporan. Kami bekerja secara profesional,” kata dia.

Sebelumnya pada Jumat (28/8/2015) Kabareskrim Polri Komjen Pol Budi Waseseo mengumumkan ada salah satu dari calon pimpinan KPK yang tersangka pidana korupsi.

Sementara, Pansel KPK sudah menyelesaikan wawancara terhadap 19 Capim pada 24-26 Agustus 2015.

Selain menilai wawancara dan tes kesehatan, pansel juga memanfaatkan penelusuran rekam jejak yang dilakukan oleh KPK, Kepolisian, Kejaksaan Agung, Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi Keuangan (PPATK), Badan Intelijen Nasional (BIN), dan koalisi masyarakat sipil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya