SELEKSI PERSIS: 25 Pemain Lolos Tahap Pertama

Seleksi Persis didominasi muka-muka lama. Dari 25 pemain yang lolos tahap awal, 15 di antaranya adalah skuat Persis musim lalu.

 

Solopos.com, SOLO– Proses seleksi tahap pertama Persis Solo telah berakhir Sabtu (17/1/2015). Sebanyak 25 pemain lolos dalam seleksi yang digelar di Stadion Sriwedari itu.

Dalam seleksi hari keenam kemarin, sebanyak 41 pemain turut ambil bagian. Namun hanya 25 pemain yang dipertahankan pelatih sementara Persis, Agung Setyabudi, untuk menjalani tahap selanjutnya mulai Selasa (20/1/2015) besok.

“Dua puluh lima pemain yang kami pilih ini merupakan yang terbaik selama seleksi terbuka ini. Mereka yang akan kami sertakan dalam seleksi tahap selanjutnya [tertutup] Selasa besok,” tutur Agung saat dijumpai wartawan seusai memimpin seleksi.

Dari total pemain yang lolos seleksi tahap pertama itu, hampir separuhnya merupakan para pemain Persis musim lalu, sebanyak 15 orang. Sementara sisanya diisi oleh muka-muka baru seperti gelandang Arif Fatchul dan Sugeng Riyanto asal Persiku Kudus.

Sedangkan para pemain yang sebelumnya dikabarkan berpotensi besar mengisi skuat utama Persis, seperti bek sayap kiri Supra Lestusen dari Persipon Pontianak, eks gelandang tim Porprov Kota Solo, Danur Jenah, dan bek sayap kanan asal Persipur Purwodadi, Susanto, justru tereliminasi.
Banyaknya pemain musim lalu yang masih bertahan itu diakui Agung memang sesuai skenarionya. Ia bahkan mengakui bahwa dirinya memberikan prioritas khusus bagi muka-muka lama untuk kembali mengisi skuat Persis musim depan.
“Kalau pemain musim lalu kan sudah tahu karakter satu sama lain dan juga sudah diketahui kemampuannya. Jadi mereka tidak akan butuh lagi penyesuaian saat sudah memasuki kompetisi nanti,” imbuh eks kapten Timnas Indonesia itu.
Meski demikian Agung tak lantas memberikan garansi para pemain musim lalu itu bisa mengisi skuat Persis musim depan. Meski sudah lolos seleksi tahap pertama, mereka tetap harus menunjukkan kemampuan terbaiknya saat seleksi tertutup, Selasa besok.
Apalagi, diyakini Agung pada seleksi tertutup nanti, persaingan akan lebih meningkat menyusul hadirnya beberapa pemain bidikan manajemen.

Disinggung komposisi pemainnya saat ini, yang diisi empat kiper, delapan bek, sembilan gelandang dan lima striker, Agung mengaku masih memerlukan tambahan pemain lagi. Ia menilai dari komposisi pemain yang dimiliki saat ini kekurangan masih terletak di posisi bek sayap.

“Paling butuhnya bek kanan dan kiri. Kalau di posisi gelandang dan striker sudah tidak ada masalah,” ujar eks kapten Timnas di Piala Tiger 2002 itu.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho