SOLOPOS.COM - Ilustrasi seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Formasi 2019 (Detik.com)

Solopos.com, SOLO -- Pemerintah Kota (Pemkot) Solo mengumumkan hasil integrasi nilai seleksi kompetensi dasar dan kompetensi bidang pada penerimaan CPNS 2019, akhir pekan lalu.

Dari 407 lowongan sesuai kebutuhan dan penetapan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), hanya terisi 401 lowongan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Enam lowongan lain kosong karena tidak ada yang melamar. Kepala Badan Kepegawaian Pelatihan dan Pendidikan Daerah (BKPPD) Solo, Nur Hariyani, mengatakan enam lowongan itu terdiri dari lima lowongan pengelola adat dan kesenian. Kemudian satu lowongan tenaga teknis ahli pertama-arsiparis.

Libur Panjang Akhir Pekan Tak Dongkrak Kunjungan Mal Solo, Karena SE Baru Wali Kota?

“Sebanyak 401 lowongan yang terisi itu, terdiri dari tenaga guru 147 orang, tenaga kesehatan 135 orang, dan tenaga teknis 119 orang. Mereka akan menempati sejumlah organisasi perangkat daerah [OPD] yang membutuhkan,” katanya kepada Solopos.com melalui telepon, Senin (2/11/2020) pagi.

Pemberkasan

Nur mengatakan tahapan pada penerimaan CPNS Pemkot Solo itu adalah pemberkasan. Setelah itu menunggu nomor induk kepegawaian (NIP) dari Badan Kepegawaian Negara (BKN), baru bisa mulai bekerja.

Teknisnya, mereka mengunggah berkas kepegawaian ke laman BKN yang targetnya rampung sebulan dari tanggal pengumuman. “Desember mendatang, NIP tersebut turun kemudian mereka akan mendapatkan surat perintah pelaksanaan kerja [SPPK] dan bisa bekerja per Januari,” ungkapnya.

Solo Tambah 38 Kasus Positif Covid-19 Pada Akhir Pekan, 14 Orang Dari Uji Swab Mandiri

Ihwal lowongan yang tak terisi pada penerimaan CPNS Pemkot Solo 2019 itu, ia mengakui memang sudah tak ada peminat sejak awal pendaftaran.

Lima lowongan pengelola adat dan kesenian itu akhirnya tetap kosong. Nur Hariyani menduga lowongan itu kosong karena hanya bisa diisi oleh lulusan jurusan tertentu.

417 Orang Lolos Seleksi CPNS Sukoharjo, 7 Lowongan Tak Terisi

Akibatnya, lulusan jurusan lainnya tidak bisa mendaftar. Pada seleksi CPNS selanjutnya, Nur mengatakan akan mempertimbangkan hal itu agar lowongan tersebut bisa terisi oleh jurusan lain.

"Kualifikasi pendidikannya yang mendekati. Sebetulnya ada juga formasi lain yang kosong, tapi diambilkan dari pelamar formasi lain yang sama, tapi nilainya setara,” tutup Nur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya