Seleksi Duta Seni Pelajar Boyolali Dimulai, Cek Jadwal dan Syaratnya!

Berikut daftar seleksi Duta Seni Pelajar Kabupaten Boyolali 2022.

 Tim Duta Seni dan Misi Kebudayaan Pelajar Kabupaten Boyolali 2019. (Istimewa/Boyolali.go.id)

SOLOPOS.COM - Tim Duta Seni dan Misi Kebudayaan Pelajar Kabupaten Boyolali 2019. (Istimewa/Boyolali.go.id)

Solopos.com, BOYOLALI — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Boyolali kembali menggelar seleksi Duta Seni Pelajar, setelah sempat ditiadakan karena pandemi Covid-19 sejak 2020.

Dilansir dari kanal Boyolali.go.id, jadwal pemilihan Duta Seni Pelajar Kabupaten Boyolali dimulai dengan pendaftaran dan penerimaan berkas pada 22-28 September 2022.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Selanjutnya, pengumuman hasil penelitian administrasi akan dilakukan pada 30 September 2022. Kemudian untuk pelaksanaan audisi tahap I akan dilaksanakan pada 2-3 Oktober 2022 dan hasilnya akan diumumkan pada tanggal 5 Oktober 2022.

Selanjutnya pelaksanaan audisi tahap II akan dilakukan pada 10-11 Oktober 2022 dan hasilnya diumumkan tanggal 13 Oktober 2022.

Selanjutnya pembekalan dan pelatihan-pelatihan Duta Seni Pelajar Kabupaten Boyolali akan dimulai pada tanggal 14 Oktober 2022 hingga hari keberangkatan.

Baca juga: Seleksi Duta Seni Pelajar Boyolali Dimulai, Misi Budaya ke Luar Negeri Diganti

Sebelumnya diberitakan, Duta Seni pelajar Kabupaten Boyolali sudah diadakan sejak 2013 hingga 2019. Tujuan pemilihan ini adalah dalam rangka misi  kebudayaan ke luar negeri, baik di benua Asia, Amerika, dan Eropa.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Disdikbud Kabupaten Boyolali Darmanto dalam acara Sosialisasi Pendaftaran Audisi Duta Seni dan Misi Kebudayaan Pelajar ke Nusantara Kabupaten Boyolali 2022 di aula Disdikbud Kabupaten Boyolali pada Rabu (21/9/2022).

Dilansir dari kanal Boyolali.go.id, acara sosialisasi ini diperuntukkan bagi siswa SMP dikarenakan siswa SMA sudah beralih pengelolaan oleh provinsi. Kegiatan tersebut dihadiri 98 Kepala Sekolah yang terdiri atas 52 SMP Negeri dan 46 SMP swasta.

“Sekarang dengan berbagai pertimbangan dan sesuai dengan kewenangan, Duta Seni Pelajar 2022 ini khusus untuk anak-anak jenjang SMP,” ujar Darmanto.

Ditambahkan Darmanto, Duta Seni Pelajar Kabupaten Boyolali kali ini bukan membawa misi kebudayaan ke luar negeri. Namun, ke seluruh provinsi di Indonesia yang akan mulai diberangkatkan akhir November 2022 hingga awal Desember 2022.

Baca juga: DUTA SENI BOYOLALI: 90 Pelajar Boyolali Lolos ke Uji Bakat Tahap II

Peserta Duta Seni Pelajar tahun ini akan diutamakan bagi pelajar SMP kelas VIII.

“Harapan kami semua bahwa kita punya tugas mengembangkan setiap potensi, bakat, dan minat peserta didik dan juga dalam rangka melestarikan dan memajukan budaya tradisional warisan dari nenek moyang,” ungkap Darmanto.

Hal senada disampaikan perwakilan dari Ketoleng Institute Boyolali, Ribut Budi Santoso. Kriteria Duta Seni pelajar Boyolali pada 2022 ini adalah pelajar Kelas VIII SMP dan harus berdomisili dan bersekolah di Kabupaten Boyolali.

“Karena ini yang pertama dan kita baru memulai silahkan nanti SMP mau mengirim berapa pun akan kita seleksi, kalau tahapannya sama seperti Duta Seni bagaimana nanti anak ini bisa betul-betul menjadi Duta Seni dan misi kebudayaan pelajar Kabupaten Boyolali.” jelasnya.

Terkait jumlah yang akan dipilih menjadi Duta Seni pelajar tahun ini, Ribut mengatakan kini Duta Seni Pelajar Kabupaten Boyolali hanya akan meloloskan 20 pelajar tingkat SMP.

Baca juga: MISI KEBUDAYAAN : Tahun Ini, Duta Seni Boyolali akan Dikirim ke Eropa Timur

Ribut mempersilakan kepada seluruh pelajar SMP untuk mendaftar. Namun harus mendapatkan surat rekomendasi atau pengantar dari sekolah masing-masing.

“Karena ini yang pertama, sama seperti tahun 2013, jadi nanti audisinya langsung menampilkan tarian,” tandasnya dilansir dari Boyolali.go.id yang merupakan hasil peliputan Tim Liputan Diskominfo Kabupaten Boyolali.

 

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Ujung Tanduk Nasib Piala Dunia U-20 setelah Tragedi Kanjuruhan

      Ujung Tanduk Nasib Piala Dunia U-20 setelah Tragedi Kanjuruhan

      Nasib sepak bola Indonesia berada di ujung tanduk. Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 153 orang berpotensi mengganjal Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 2023. Indonesia pun terancam mendapat sanksi berat lainnya dari FIFA.

      Berita Terkini

      Puan Maharani Minta Investigasi Total Tragedi Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan

      Ketua DPR, Puan Maharani, meminta pihak terkait melakukan investigasi secara tuntas atas tragedi kerusuhan yang menelan 127 korban jiwa di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Sabtu (1/10/2022).

      380 Juru Parkir di Sragen Ditarget Setoran Rp1,2 Miliar

      Sebanyak 380 orang juru parkir yang menyebar di sembilan kecamatan di Bumi Sukowati ditarget bisa setor ke pendapatan asli daerah (PAD) sebanyak Rp1,2 miliar pada 2022 ini.

      Agenda Berkebaya Bersama Ibu Negara Siang Ini, Cek Lokasi Parkirnya

      Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo menutup Jl. Slamet Riyadi selama kegiatan Berkebaya Bersama Ibu Negara, Minggu (2/10/2022). Ada 10 fasilitas parkir yang tersedia.

      Heroik, Tim Damkar Klaten Selamatkan Kucing yang Sepekan Terjebak di Sumur

      Tim Pemadam Kebakaran (Damkar) Klaten melakukan penyelamatan seekor kucing yang tercebur sumur sedalam belasan meter di Desa Kanoman, Kecamatan Karangnongko.

      Polres Wonogiri Serahkan Dua Ton Beras kepada Warga Miskin

      Polres Wonogiri menyalurkan bantuan sosial (bansos) berupa beras sebanyak dua ton kepada 200 warga miskin di Wonogiri, Jumat (30/9/2022).

      Stok Darah PMI Sragen Hari Ini Oktober 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Sragen hari ini, Minggu (2/10/2022), bisa disimak di sini.

      Konser Solo Batik Music Festival, Kemeriahan Musik dalam Nuansa Batik

      Konser musik dalam ajang Solo Batik Music Festival 2022 di Pamedan Pura Mangkunegaran, Sabtu (1/10/2022) malam berlangsung meriah dengan penampilan sejumlah musisi dan grup band papan atas Tanah Air.

      Jangan Lupa Bawa Payung, Prakiraan Cuaca Klaten Hari Ini bakal Hujan Lebat

      Prakiraan cuaca Klaten hari ini, Minggu 2 Oktober 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Minggu Ini: Hujan Lebat sejak Sore

      Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini, Minggu 2 Oktober 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Hati-Hati di Jalan! Prakiraan Cuaca Boyolali Hari Ini Hujan Lebat sejak Sore

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini, Minggu (2/10/2022) yakni berawan pada pagi hari, kemudian hujan lebat mulai sore hingga malam hari.

      Prakiraan Cuaca Sukoharjo Hari Ini: bakal Hujan Lebat Pukul 16.00 WIB

      Prakiraan cuaca Sukoharjo hari ini pada Minggu (2/10/2022) menurut prakiraan BMKG bakal hujan lebat pada sore hari.

      Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini 2 Oktober 2022, Masih Diwarnai Hujan Lebat

      Info lengkap prakiraan cuaca Karanganyar hari ini, Minggu (2/10/2022), bisa Anda simak di sini.

      Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 2 Oktober 2022, Masih Tak Bersahabat

      Informasi mengenai prakiraan cuaca Sragen hari ini, Minggu (2/10/2022), bisa Anda baca pada artikel ini.

      Prakiraan Cuaca Solo Minggu 2 Oktober, BMKG Prediksi Berawan dan Hujan

      Prakiraan cuaca dari BMKG pada Minggu (2/10/2022) memprediksi Solo bakal berawan kemudian hujan sejak siang hingga malam.

      Jenazah KH Dian Nafi' akan Dimakamkan di Kompleks Ponpes Al-Muayyad Windan

      Jenazah tokoh perdamaian Kota Solo sekaligus pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Muayyad Windan, Sukoharjo, KH Muhammad Dian Nafi', akan dimakamkan di kompleks Ponpes pada Minggu (2/10/2022).