SOLOPOS.COM - Seorang pedagang batu akik di depan Alun-alun utara Solo, Rabu (28/10/2015). Shoqib Angriawan/JIBI/Solopos)

Bisnis batu mulia Solo, pasar batu akik kini didominasi konsumen pencinta batu mulia.

Solopos.com, SOLO–Bisnis jual beli batu akik tetap bertahan meski tidak seramai saat booming beberapa bulan lalu. Pasar batu akik kini kembali didominasi konsumen loyal pencinta batu mulia maupun kolektor.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Salah satu pedagang di kompleks Pasar Cinderamata Alun-alun Utara Keraton Kasunanan Surakarta, Anton, mengaku pamor batu akik kini sedang meredup. Pencinta batu akik pemula banyak yang menghilang karena kelesuan pasar.

“Pasar batu akik sedang merosot sekarang. Paling banyak diminati sekarang tinggal batu mulia, seperti rubi dan bacan. Sekarang enggak seramai beberapa waktu lalu,” katanya saat ditemui Solopos.com, Rabu (28/10/2015).

Bendahara Paguyuban Pedagang Batu Permata Karaton Surakarta, Rafi Aditya, mengatakan pembeli kini didominasi kolektor pencinta batu mulia. “Pelanggannya sekarang yang bener-bener suka dengan batu akik. Pasarnya memang menurun, tidak seperti tiga bulan lalu,” katanya.

Menurutnya, penurunan pasar batu akik mencapai 30%. “Dulu pas booming omzet per hari bisa lebih dari Rp3 jutaan. Kini hanya Rp1 jutaan. Pembelinya saat ini paling banyak dari kolektor,” katanya.

Menurutnya, kelesuan juga terjadi karena kejenuhan pasar karena belum banyak jenis batu akik yang muncul. Saat ini, mayoritas batu akik yang beredar di pasar merupakan produk lokal, seperti batu pacitan, garut, hingga kalimantan.

Untuk menggenjot penjualan, pedagang kini sering mengikuti kegiatan pameran di beberapa daerah. Hal itu dilakukan agar pangsa pasar batu akik tetap bertahan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya