SOLOPOS.COM - Ilustrasi seleksi CPNS (JIBI/Dok.)

Solopos.com, JAKARTA — Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) memastikan tahapan seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2014 lebih dini dibandikan tahun 2013 lalu. Bukan hanya lebih dini, daerah peminta CPNS 2014 pun lebih banyak dibandingkan saat CPNS 2013 lalu.

Kenyataan itu dinyatakan oleh Menteri PAN-RB Azwar Abubakar di Jakarta, Rabu (22/1/2014). Menurutnya, permintaan CPNS tahun ini memang cukup banyak, terutama dari daerah.

Promosi Peringati Hari Raya Nyepi, BRI Peduli Bagikan 1.000 Paket Sembako di Bali

Menurutnya, sebanyak 500 daerah membutuhkan tambahan pegawai negeri sipil (PNS) pada tahun anggaran ini. Jumlah itu dua kali lipat lebih besar dibandingkan dengan tahun 2013 lalu yang hanya mencapai 250 daerah peminta.

Ekspedisi Mudik 2024

Kendati demikian, permintaan tersebut nantinya akan dinilai terlebih dulu sesuai ketentuan UU Sumber Daya Manusia. Hal itu dikarenakan setiap permintaan harus berdasarkan analisis kebutuhan, dan berasaskan keadilan. Setelah itu, baru formasi SDM diberikan kepada daerah pemohon CPNS.

Lagi pula, imbuhnya, Badan Kepegawaian Negara (BKN) juga telah mengumumkan hasil tes penerimaan CPNS, akhir tahun 2013 lalu, Kala itu sudah terisi 58.796 posisi dari target yang dibuka 65.000 CPNS baru. Kekosongan posisi tersebut dikarenakan pelamar tidak lulus tes yang diselenggarakan masing-masing instansi dan pemerintah daerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya