Tutup Iklan

Seleksi Administrasi CPNS dan PPPK Wonogiri Diumumkan, Ratusan Pelamar Tak Lolos Gara-Gara Ini

Pengumuman seleksi administrasi Calon Aparatur Sipil Negara (CPNS) dan PPPK Kabupaten Wonogiri telah diumumkan.

 Aparatur Sipil Negara Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Wonogiri saat menjalankan tugas di ruang kerjanya, Rabu (4/8/2021). (Solopos.com/M. Aris Munandar)

SOLOPOS.COM - Aparatur Sipil Negara Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Wonogiri saat menjalankan tugas di ruang kerjanya, Rabu (4/8/2021). (Solopos.com/M. Aris Munandar)

Solopos.com, WONOGIRI — Pengumuman seleksi administrasi Calon Aparatur Sipil Negara (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja atau PPPK Kabupaten Wonogiri telah diumumkan. Ratusan pelamar yang tidak lolos sebagian besar karena kualifikasi pendidikan tidak sesuai dengan yang disyaratkan.

“Pengumuman ini sifatnya masih sementara. Masih ada waktu sanggah yang dibuka mulai 4-7 Agustus 2021,” kata Kabid Pengadaan Pemberhentian dan Informasi Aparatur, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Wonogiri, Wahyudi, Rabu (4/8/2021).

Menurut dia, pemerintah daerah dalam hal ini BKD Wonogiri hanya memverifikasi berkas pelamar CPNS dan PPPK non guru. Sementara itu, PPPK guru diverifikasi langsung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Baca Juga: Greysia/Apriyani Diberitakan Terima Bonus Rp5 Miliar, Menpora: Masih Dihitung

Wahyudi mengatakan, total pendaftar CPNS dan PPPK di Wonogiri sebanyak 8.816 orang. Dari pelamar yang diverifikasi oleh BKD Wonogiri, yakni pelamar CPNS dan PPPK non guru, pelamar yang dinyatakan lolos seleksi sebanyak 4.619 orang.

Rinciannya, pelamar yang mendaftarkan CPNS sebanyak 5.076 orang. Adapun yang dinyatakan lolos verifikasi sementara sebanyak 4.440 orang. Sehingga yang tidak memenuhi syarat ada 636 orang.

Sementara itu, pelamar yang mendaftar PPPK non guru sebanyak 238 orang. Sedangkan yang dinyatakan memenuhi persyaratan sebanyak 179 orang. Formasi PPPK non guru yakni tenaga kesehatan, seperti perawat dan bidan.

Menurut Wahyudi, sebagian besar pelamar CPNS yang tidak lolos administrasi karena kualifikasi pendidikan pelamar tidak sesuai dengan yang dipersyaratkan. Semetara itu pelamar PPPK tenaga kesehatan rata-rata tidak melampirkan surat keterangan tidak buta warna.

Meski dinyatakan tidak lolos, pelamar bisa melakukan sanggahan. Ada tidaknya perubahan keputusan hasil verifikasi akan diumumkan pada 15 Agustus 2021. Pada tahun-tahun sebelumnya, sejumlah pelamar berhasil lolos setelah melakukan sanggahan.

“Perlu diingat, masa sanggah bukan untuk menambah atau melengkapi dokumen. Tapi untuk memberikan kesempatan pelamar jika ada kesalahan yang dilakukan verifikator. Sehingga bisa dibenarkan dan direvisi agar pelamar tidak dirugikan,” ungkap dia.

Baca Juga: Viral! Pemuda Bawa Kapak Mirip Senjata Wiro Sableng Dibekuk Polisi

Setelah masa sanggah, lanjut Wahyudi, proses yang akan dilakukan pelamar yakni mengikuti tes seleksi kompetensi dasar (SKD). Hingga kini belum perubahan jadwal, seleksi dimulai 25 Agustus 2021.

“Untuk pendaftar lebih banyak tahun sebelumnya. Karena untuk tahun ini tenaga guru dari umum dan lulusan baru yang tidak belum mempunyai sertifikat pendidik tidak bisa mendaftar. Tahun sebelumnya ada sekitar 11.000 pendaftar, sekarang 8.816 pelamar,” kata Wahyudi.

Berita Terkait

Berita Terkini

Kemah Bela Negara di Delingan Karanganyar Digelar Luring Tapi Terbatas

Kemah Bela Negara nanti akan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat seperti menjaga jarak dan tidak berkerumun.

Pelajar di Boyolali Juga Masuk Sasaran Vaksinasi Desa

Vaksinasi untuk pelajar dilakukan melalui pendekatan desa untuk mendukung rencana pembelajaran tatap muka di Boyolali.

SDN 1 Wonogiri Deklarasi Sekolah Ramah Anak

Deklarasi Sekolah Ramah Anak untuk mempertegas SDN 1 Wonogiri konsisten mengaplikasikan pembiasaan yang ramah anak.

Gibran Soal Prostitusi Gay di Nusukan Solo: Tak Ada Toleransi!

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan tidak akan menoleransi pelanggaran hukum termasuk praktik prostitusi gay di Nusukan.

Prostitusi Gay di Nusukan Solo Terbongkar, Ini Kata Warga Sekitar

Warga sekitar tempat indekos yang jadi lokasi prostitusi gay di Nusukan, Solo, mengaku tidak tahu ada penggerebekan oleh Polda Jateng.

Waduh, Mayoritas Pasar di Sragen Ternyata Rawan Kebakaran

Untuk antisipasi potensi kebakaran, pedagang diimbau lebih berhati-hati dan bila memungkinkan dilakukan simulasi kebakaran pasar.

Percepatan Vaksinasi di Wonogiri Terkendala SDM Vaksinator dan Internet

Joko Sutopo menyiapkan langkah strategis untuk merampungkan vaksinasi sesuai target, seperti penjadwalan ulang, kesiapan SDM vaksinator, data, dan stok vaksin.

Ngeri Lur! Eks Terminal Kartasura Jadi Lokasi Pesta Miras dan Esek-Esek

Lahan bekas Terminal Kartasura, Sukoharjo, yang mangkrak bertahun-tahun malah disalahgunakan untuk pesta miras dan mangkal PSK.

Pengakuan Pria Sragen Nekat Bakar Mobil Tetangga: Merasa Terganggu

Aaksi nekat bakar mobil tetangga tersebut dilakukan AN secara sadar tanpa melibatkan pihak lain dan tidak berkaitan dengan peristiwa di mana pun.

Asyik! 8 Mobil Listrik Bergaya Klasik Siap Antar Turis Keliling Solo

Pemkot Solo dapat bantuan delapan unit mobil listrik bergaya klasik untuk mengantar wisatawan blusukan tempat wisata di Kota Solo.

PTM di Wonogiri Tunggu Vaksinasi Siswa dan Guru Rampung

Wonogiri akan menggelar PTM jika seluruh murid dan guru selesai divaksinasi dan fasilitas pendukung memenuhi syarat.

Jumlah Petani Muda Makin Banyak

Gerakan menarik kaum muda di Kabupaten Klaten agar mau berkecimpung di dunia pertanian makin masif, salah satunya dilakukan Komunitas Petani Muda Klaten.

Jejak Limbah Ciu Hilang Tersapu Hujan, Kali Samin Sukoharjo Bersih Lagi

Air Kali Samin yang sempat berubah hitam karena tercemar limbah ciu dari sentra industi ciu Mojolaban dan Polokarto, Sukoharjo, kembali bersih.

Rp4 M Insentif Pemulasaraan Jenazah Covid-19 Karanganyar Belum Dibayar

Anggaran insentif pemulasaraan jenazah Covid-19 ini akan ditagihkan melalui Belanja Tak Terduga (BTT) APBD Kabupaten Karanganyar.

Harga Cabai dan Bawang Putih di Wonogiri Naik Tipis

Cabai merah besar, cabai keriting, rawit hijau, dan hijau besar di Wonogiri naik harga selama beberapa pekan terakhir.

145 Siswa 2 SMP di Sragen Mendadak Dites Antigen, Hasilnya...

Tes swab antigen kepada pelajar SMP dimulai Senin untuk antisipasi munculnya klaster sekolah atau pembelajaran tatap muka (PTM).