SOLOPOS.COM - Cara Marko Arnautovic merayakan gol yang menimbulkan dugaan rasis. (Bisnis-BBC)

Solopos.com, JAKARTA — Striker atau pemain depan Austria Marko Arnautovic diskors satu pertandingan oleh Union of European Football Associations atau UEFA. Hukuman itu dijatuhkan setelah Arnautovic dinyatakan terbukti bersalah menghina pemain lain dalam kemenangan di ajang Euro 2020 atas Makedonia Utara.

Arnautovic yang keturunan Serbia harus ditahan oleh kapten David Alaba saat merayakan golnya di pengujung pertandingan. Beberapa laporan menyatakan dia mengarahkan gayanya setelah mencetak gol kepada Egzon Bejtulai dan Gjanni Alioski dari Makedonia Utara, yang memiliki akar Albania.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga: Terima Pegawai KPK Gagal TWK, Begini Respons MUI…

UEFA kemudian membuka penyelidikan atas insiden tersebut dan menyatakan pesepak bola Austria Marko Arnautovic bersalah. Buntutnya, mantan pemain West Ham United, Stoke City, dan Werder Bremen, meminta maaf atas selebrasi golnya dalam sebuah postingan di Instagram.

Dia menulis, “Ada beberapa kata panas kemarin dalam emosi permainan yang saya ingin minta maaf, terutama kepada teman-teman saya dari Makedonia Utara dan Albania. Saya ingin mengatakan satu hal dengan sangat jelas: saya bukan seorang rasis.”

Dukung Keragaman

“Saya punya teman di hampir setiap negara dan saya mendukung keragaman. Semua orang yang mengenal saya sadar akan hal itu,” demikian pernyataan pemain berusia 32 itu, yang sekarang berseragam klub Liga Super China Shanghai Port.

Serbia tidak mengakui kemerdekaan bekas provinsinya Kosovo, sementara ada ketegangan bersejarah antara Serbia dan Makedonia Utara. Kemerdekaan Kosovo didukung Albania, karena memang sebagian besar penduduk Kosovo secara etnis terkait erat dengan Albania yang didominasi muslim.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya