Selebrasi Gol Physical Distancing Ala Liga Jerman
Para pemain Borussia Dortmund melakukan selebrasi usai menciptakan gol. (REUTERS)

Solopos.com, SOLO - Perhelatan sepak bola di masa pandemi Covid-19 memunculkan sejumlah hal tak lazim. Salah satunya adalah selebrasi gol yang dilakukan para pemain dengan tetap menaati aturan physical distancing.

Hal itu mulai terpotret seusai digelarnya kembali Bundesliga akhir pekan lalu. Beberapa pemain tampak tak kesulitan beradaptasi dengan aturan baru seperti melakukan selebrasi gol yang tak memicu kerumunan.

Heboh Pesta Seks di Paris, Pelakunya Diduga Pemain Liga Inggris

Namun ada pula pemain yang masih kagok menerapkan physical distancing di sejumlah momen, termasuk selebrasi gol. Meski, banyak yang berpendapat hal ini mungkin saja akan menjadi pemandangan normal dalam beberapa waktu mendatang.

Pemain Borussia Monchengladbach, Marcus Thuram dan bek Hertha Berlin, Dedryck Boyata, kedapatan melanggar protokol keamanan saat membela timnya, Sabtu (16/5/2020) malam WIB. Thuram kedapatan mencium rekam setim usai menctak gol saat melawan Eintracht Frankfurt.

Boyata juga setali tiga uang. Eks bek Manchester Citu itu tertangkap kamera mencium rekan setimnya, Marko Grujic, saat merayakan gol bunuh diri Kevin Akpoguma ketika melawan Hoffenheim.

Kuasa Hukum Bantah Ada Penggelapan Dana Festival Musik Unisri Solo, Begini Penjelasannya

Meski melanggar protokol pertandingan di tengah pandemi, Thuram dan Boyata dipastikan tidak mendapat hukuman. Pihak Bundesliga memastikan kedua pemain hanya mendapat teguran.

“Hanya nasihat yang diberikan dan untuk itu tidak ada hukuman. Bagaimana gol dirayakan bukan bagian dari protokol medis yang didesain untuk melanjutkan kejuaraan Bundesliga,” demikian pernyataan resmi Bundesliga seperti dilansir Explica, Minggu (17/5/2020).

Bagian Penting

Pelatih Hertha Berlin, Bruno Labbadia, memberi dukungan untuk Boyata. Labbadia mengatakan merayakan gol merupakan bagian penting dari pertandingan sepak bola.

“Saya berharap orang-orang mengerti hal ini. Kami sudah dites negatif untuk virus corona hingga enam kali, terakhir kemarin sebelum pertandingan. Emosi adalah bagian dari pertandingan, jika tidak kami tidak perlu bermain,” ucap Labbadia.

Beraksi Saat Buka Puasa, Maling Gasak 6 Sak Beras di Selepan Klaten

Namun ada pula yang tetap memegang teguh social distancing meskipun tengah berselebrasi gol. Striker Borussia Dortmund, Erling Haaland, memilih berlari ke pojok lapangan sendirian seusai mencetak gol ke gawang Schalke 04 di Signal Iduna Park. Meski rekan setim menghampirinya, dia tetap menjaga jarak aman.

Winger Thorgan Hazard yang ikut menyambangi sang pemain akhirnya ikut mengingatkan pemain lain untuk tidak memeluk Haaland. Padahal bisa saja Haaland saat itu berselebrasi liar karena sukses mencetak 10 gol dalam sembilan laga perdananya di Bundesliga. Para pemain akhirnya hanya melakukan tos dengan siku.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom