SOLOPOS.COM - Suasana lengang terlihat saat digelar kegiatan Reresik MaliboroSelasa Wage di sepanjang Jalan Malioboro, Yogyakarta, Selasa (26/09/2017).

Dinas Pariwisata Kota Jogja menglaim sehari tanpa pedagang kaki lima (PKL) di Malioboro pada Selasa Wage lalu mendapat respon positif dari masyarakat

 
Harianjogja.com, JOGJA -Dinas Pariwisata Kota Jogja menglaim sehari tanpa pedagang kaki lima (PKL) di Malioboro pada Selasa Wage lalu mendapat respon positif dari masyarakat. Konsep tersebut akan dilanjutkan dengan kegiatan yang berbeda.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kemarin temanya bersih-bersih Malioboro, ke depan nanti bisa aksi pengecatan bareng, ke depannya lagi aksi penanaman pohon pada Selasa Wage,” kata Pelaksana Tugas Dinas Pariwisata Kota Jogja, Yunianto Dwi Sutono di Balai Kota Jogja, Rabu (27/9/2017).

Ekspedisi Mudik 2024

Ia mengklaim banyak wisatawan yang ingin menikmati Malioboro dalam suasana lengang. Ke depan pihaknya juga mempertimbangkan untuk menerapkan Malioboro tanpa kendaraan bermotor, namun upaya itu masih butuh persiapan matang.

Ketua Asosiasi Jasa Perjalanan Wisata atau Asita, Udhi Sudiyanto juga menilai konsep Selasa Wage di Malioboro sangat mendukung kenyamanan wisatawan. Udhi mengapresiasi para PKL yang merelakan libur sehari demi kenyamanan wisatawan yang berlibur di Malioboro, karena Malioboro sampai saat ini masih menjadi magnet wisatawan.

“Saya melihat wisatawan enggak ada yang mengeluh, justeru mereka merasa lebih enak, santai dengan suasana malioboro lengang,” ujar Udhi.

Ia pun mendorong Malioboro tanpa PKL setiap Selasa Wage dilanjutkan. Terkait bebas kendaraan, Udhi menilai perlu banyak persiapan sebelum diberlakukan, di antaranya mempersiapkan lahan parkir yang cukup serta kendaraan shuttel ke Malioboro.

Sementara itu Selasa Wage lalu di Malioboro diisi dengan kerja bakti bersih bersih Malioboro mulai dari Tugu Pal Putih hingga Jalan Margo Mulyo. Kerja bakti ini melibatkan sejumlah PNS Pemerintah Kota Jogja, Pemda DIY, para PKL, dan pelaku usaha di sepanjang jalan tersebut. Selasa Wage dipilih sebagai hari libur PKL karena bertepatan dengan Sultan HB X naik tahta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya