SOLOPOS.COM - cukur

Boyolali (Solopos.com) – Setelah beberapa hari meninggalkan Kota Mekah, sebagian jemaah haji asal Embarkasi Solo akan mulai kembali ke kota tersebut, Selasa (8/11/2011) siang waktu setempat.

BERCUKUR -- Jemaah asal Pakistan bercukur seusai menyelesaikan pelemparan jumroh di Mina, Minggu (6/11/2011). (JIBI/SOLOPOS/Antara)

Promosi Mendamba Ketenangan, Lansia di Indonesia Justru Paling Rentan Tak Bahagia

Wakil Kepala Bidang (Wakabid) Pemberangkatan Haji, Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo, Ahmad Suaidy mengungkapkan, jemaah haji Embarkasi Solo sudah meninggalkan Mekah sejak kurang lebih lima hari lalu. Pasalnya, mereka harus melaksanakan ibadah wukuf di Arafah, dilanjutkan dengan melempar jamrah di Mina. Bahkan, bagi jemaah haji yang melakukan ibadah tarwiyah sudah tujuh hari meninggalkan Mekah, karena mereka harus bermalam di Mina terlebih dahulu, sebelum berangkat wukuf di Arafah, Sabtu (5/11/2011) lalu.

“Jemaah haji yang mengikuti nafar awal atau menginap dua malam di Mina akan mulai balik ke Mekah besok siang. Sedangkan bagi jemaah haji yang ikut nafar tsani atau menginap tiga malam di Mina, baru bisa balik ke Mekkah mulai Rabu,” papar Suaidy, Senin (7/11/2011).

Dia mengatakan, keinginan untuk bermalam dua hari atau tiga hari di Mina, merupakan hak masing-masing jemaah. Oleh karena itu, pihak PPIH Embarkasi Solo belum mengetahui secara pasti berapa jumlah jemaah yang akan balik ke Mekah pada Selasa esok. “Kami belum tahu persis. Karena hal itu tergantung keinginan masing-masing jemaah. Mengenai urusan transportasi sendiri juga sudah diatur pemerintah Arab Saudi,” ujar dia.

Setelah sampai di Mekah, jemaah haji Embarkasi Solo akan melakukan tawaf wada dan menunggu jadwal kepulangannya ke Tanah Air. Namun, bagi jemaah haji yang tergabung dalam gelombang II (Kloter 43-91) tidak akan langsung dibawa ke Jeddah untuk dipulangkan ke Tanah Air. Mereka akan dibawa ke Madinah terlebih dahulu, mulai Kamis (10/11/2011) mendatang.

“Sebab saat pemberangkatan kemarin, jemaah haji gelombang II belum ke Madinah. Jadinya mereka akan dibawa ke Madinah dulu untuk melakukan ziarah dan berkunjung ke Masjid Nabawi. Baru setelah itu mereka menunggu giliran pulang ke Tanah Air,” kata Suaidy.

hkt

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya