Marc Marquez (Reuters-Rafael Marrodan)

Solopos.com, ARAGON — Marc Marquez tinggal selangkah lagi merengkuh gelar keenam di ajang Moto GP setelah menjuarai GP Aragon, Spanyol, Minggu (22/9/2019). Pembalap Honda ini bahkan bisa menyegel gelar juara lebih cepat jika memenangi seri selanjutnya di Sirkuit Buriram, Thailand, 6 Oktober 2019.

Kemenangan Marquez di Sirkuit Aragon membuatnya mengoleksi 300 poin, unggul 98 poin atas Andrea Dovizioso yang finis kedua di balapan tersebut. Dengan sisa empat seri lagi, Marquez bisa menyegel gelar juara di Thailand dengan syarat dia harus memiliki keunggulan minimal 100 poin seusai menjalani seri itu.

Ini artinya Baby Alien otomatis menjadi kampiun musim ini apabila mampu menjadi yang tercepat di Sirkuit Buriram. Pembalap 26 tahun itu juga masih bisa merebut gelar juara tahun ini jika mampu finis di depan Dovi. Namun Marquez harus memastikan finis di peringkat satu hingga empat di Thailand.

Jika Marquez finis di posisi kelima pada balapan di Thailand dan Dovizioso finis di posisi enam, Marquez hanya akan unggul 99 poin usai balapan di Buriram. Dengan begitu Marquez harus menunggu hingga balapan di GP Jepang, 20 Oktober, untuk memastikan gelar juara dunia Moto GP 2019. Adapun jika Dovi gagal finis di GP Thailand, Marquez hanya butuh finis di posisi ke-14 untuk memastikan gelar juara dunia.

Marquez sendiri seperti tampil kesetanan di GP Aragon. Saat lap pertama belum berakhir, Marquez bahkan sudah unggul satu detik dari kompetitor terdekatnya. Marquez akhirnya mengunci gelar di hadapan publiknya sendiri setelah unggul 4,8 detik dari Dovi di posisi kedua.

“Saya menekan sejak awal, mencetak jarak empat sampai lima detik. Tentu saya senang dengan kemenangan ini. Memang terlihat mudah, tapi kami sebenarnya bekerja keras setelah mengalami crash di latihan bebas Jumat [20/9],” ujar Marquez dilansir Motorsport.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten