SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, CHRISTCHURCH – Perdana Menteri Jacinda Ardern mengatakan azan untuk salat Jumat pada pekan ini akan disiarkan secara nasional pasca serangan teror di Selandia Baru.

Pemerintah juga menggelar sesi mengheningkan cipta selama dua menit pada Jumat besok untuk mengenang para korban serangan teror di Kota Christchurch, Selandia Baru, yang terjadi pada Jumat, 15 Maret 2019.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Ada keinginan untuk menunjukkan dukungan kepada komunitas Muslim seiring mereka kembali ke masjid pada Jumat ini,” kata Ardern kepada media seperti dilansir Reuters pada Kamis, 21 Maret 2019.

Saat ini, proses pembersihan dan perbaikan masjid Al Noor terus berjalan. Ini karena ada bekas tembakan di bangunan masjid ini saat pelaku penyerangan Brenton Harrison Tarrant, 28 tahun, melakukan aksi kejinya menembaki jamaah salat Jumat dengan senapan AR-15 semiotomatis.

41 orang korban tewas di masjid Al Noor. Sedangkan 7 orang korban tewas di masjid Linwood. Dua orang korban meninggal di rumah sakit saat penanganan medis. Saat ini, masih ada sekitar 30 orang korban penembakan menjalani perawatan intensif di sejumlah rumah sakit termasuk sembilan orang dalam kondisi kritis.

Pada Rabu kemarin, sejumlah anggota geng dari kelompok yang bersaing menyatu dan menarikan tarian Haka dari suku Maori, yang merupakan penduduk asli Selandia Baru, di dekat masjid sebagai bentuk dukungan. Sekelompok orang juga menyanyikan lagu nasional Selandia Baru menjelang matahari terbenam di lokasi penembakan.

Dewan Imam Nasional Australia meminta para imam untuk mendedikasikan khotbah Jumat pekan ini untuk mengenang serangan teror terhadap jamaah dua masjid di Selandia Baru. Tarrant, seperti dilansir News, merupakan warga asal Kota Grafton, New South Wales, Australia, yang telah bermukim sekitar dua tahun di Kota Dunedin, Selandia Baru.

Anggota geng biker King Cobra disambut dengan hangat ketika mereka memberikan penghormatan kepada jamaah masjid Al-Masjid di Ponsonby, Selandia Baru, Sabtu, 16 Maret 2019. Geng ini juga telah menyampaikan duka cita dan dukungan kepada komunitas Muslim di Selandia Baru. Stuff/co/nz/Chris Mckeen

Tarrant merencanakan aksi terornya di Kota Christchurch sejak 2-3 bulan lalu. Dia mengaku ingin mengurangi angka imigrasi ke negara-negara Eropa dengan aksi brutalnya itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya