SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Sebanyak lima mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo berhasil meraih emas pada kompetisi internasional Japan Design, Idea & Invention Expo di Tokyo Washington Hotel, Tokyo, Jepang.

“Pada kompetisi ini kami mengikutsertakan ciptaan kami yang namanya Bongi, yaitu pembunuh nyamuk yang terbuat dari kotoran kerbau. Kami buat dalam bentuk spray,” kata salah satu mahasiswa Sofia Oka Rodiana yang berasal dari Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) di Solo, Kamis (4/7/2019).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ia mengatakan nama Bongi merupakan kependekan dari Bahasa Jawa, yaitu “Kebo Wangi”.

Ekspedisi Mudik 2024

Branding ini menggambarkan bahwa produk yang kami buat berasal dari kotoran kerbau atau dalam bahasa Jawa disebut dengan “keo”, katanya sebagaimana dilansir Antara.

Ia mengatakan ide menciptakan produk tersebut berawal saat salah satu dari kelima mahasiswa tersebut yang bernama Rizhal Akbar Jaya Pratama melihat banyaknya kotoran kerbau yang tidak dimanfaatkan.

“Saat melakukan praktikum di Karanganyar saya melihat kotoran kerbau tak termanfaatkan oleh masyarakat. Sejauh ini kotoran kerbau baru dimanfaatkan sebagai pupuk organik atau pupuk kandang,” kata Rizhal.

Oleh karena itu, Rizhal berpikir untuk menyulap kotoran tersebut menjadi sesuatu yang lebih bernilai untuk memberdayakan masyarakat, khususnya masyarakat Karanganyar.

Ia berharap inovasi tersebut dapat menjadi motor penggerak penelitian mahasiswa yang lain.

“Selanjutnya kami bisa melakukan publikasi jurnal internasional,” katanya.

Selain Sofia dan Rizhal, tiga mahasiswa lain yang ikut menciptakan produk tersebut yaitu Nor Isnaeni Dwi Arista, Rahma Amira Zhalzabila, dan Hifqi Himawan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya