SOLOPOS.COM - Ilustrasi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. (ugm.ac.id)

Solopos.com, JOGJA — Lembaga pemeringakatan ternama, Times Higher Education (THE), menempatkan Universitas Gadjah Mada (UGM) masuk dalam jajaran 50 perguruan tinggi terbaik dunia yang memberikan kontribusi dalam pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs) 1, 7, dan 9.

Rektor UGM, Prof. Ova Emilia, mengatakan THE baru saja merilis Impact Rankings 2023 pada Kamis (1/6/2023). Dalam rilis itu, UGM masuk dalam jajaran 50 perguruan tinggi terbaik dunia.

Promosi Tragedi Kartini dan Perjuangan Emansipasi Perempuan di Indonesia

THE merupakan satu-satunya lembaga pemeringkatan yang mengukur kontribusi universitas-universitas di dunia berdasarkan 17 TPB yang ditentukan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa. Tabel pemeringkatan THE Impact Rankings 2023 menempatkan UGM diperingkat 23 dunia untuk TPB 1: Tanpa Kemiskinan (no poverty), peringkat 33 untuk TPB 7: Energi Bersih dan Terjangkau (affordable and clean energy), dan peringkat 46 untuk TPB 8: Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi (decent work and economic growth).

Selain ketiga TPB tersebut, UGM juga masuk dalam peringkat 100 perguruan tinggi terbaik untuk TPB 9: Industri, Inovasi, dan Infrastruktur (peringkat 95) dan TPB 14: Ekosistem Lautan (peringkat 98).

THE juga menempatkan UGM pada posisi 200 besar dunia untuk 5 TPB lainnya yaitu TPB 2: Tanpa Kelaparan, TPB 5: Kesetaraan Gender, TPB 6: Air Bersih dan Sanitasi yang Layak, TPB 15: Ekosistem Daratan, dan TPB 16: Perdamaian, Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh.

“Misi UGM sebagaimana dimandatkan oleh para pendirinya adalah menjalankan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat serta pelestarian dan pengembangan ilmu yang unggul dan bermanfaat bagi masyarakat. Kontribusi UGM dalam pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan menjadi bukti dari pelaksanaan misi tersebut,” kata dia yang dikutip dari siaran pers, Jumat (2/6/2023).

Pemeringkatan ini disusun oleh analis pendidikan tinggi global THE. Sebanyak 1.591 perguruan tinggi di dunia yang diikutkan dalam pemeringkatan ini. Sedangkan untuk pemeringkatan pada setiap TPB jumlah perguruan tinggi yang dianalisis bervariasi. Secara keseluruhan, UGM menempati posisi 200 besar dunia pada pemeringakatan kali ini.

Metodologi yang digunakan oleh THE adalah penilaian terhadap beberapa metrik yang relevan dari setiap TPB. Pengumpulan data masing-masing metrik berasal dari berbagai sumber, termasuk data yang diajukan oleh perguruan tinggi dan data bibliometric dari Elsevier.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya