SOLOPOS.COM - Suasana pertandingan rugby di Lapangan Ngijo, Kecamatan Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar. Pertandingan prakualifikasi Porprov cabor rugby digelar di lapangan tersebut, Sabtu-Minggu (12-13/11/2022). (Istimewa/Panitia Penyelenggara)

Solopos.com, KARANGANYAR — Pertandingan prakualifikasi Porprov cabang olahraga (cabor) rugby digelar di Lapangan Ngijo, Kecamatan Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar, Sabtu-Minggu (12-13/11/2022). Pertandingan tersebut digelar berbarengan dengan rangkaian peringatan HUT ke-105 Kabupaten Karanganyar.

Ketua Panitia Pelaksana Praporpov XVI Jawa Tengah Cabor Rugby, Imron Nugroho Saputro, mengatakan rugby termasuk cabor yang akan dipertandingkan di PORPROV XVI Jawa Tengah di Patiraya tahun 2023. Di Jateng, sudah ada 18 Kabupaten yang mulai mengembangkan cabor ini. Terdapat 15 peserta yang bertanding di kesempatan tersebut.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Sebanyak 15 peserta itu terdiri atas 11 tim putra dan 4 tim putri. Tim putra berasal dari Kabupaten/kota, seperti Semarang, Solo, Salatiga, Pati, Cilacap, Karanganyar, Boyolali, Sukoharjo. Sedangkan tim putri berasal dari Kebumen, Grobogan, Cilacap dan Salatiga.

Selain event prakualifikasi Porpov yang nantinya menjadi pertimbangan Poprov XVI Jawa Tengah 2023 di Patiraya, pertandingan itu juga sebagai ajang seleksi atlet Kejurnas X-Rugby di Banten.

“Setelah praPorpov ini akan ada dua event pertandingan rugby. Jadi kami juga akan mencari bibit-bibit unggul atlet rugby Jawa Tengah yang potensial, bisa bertanding di tingkat nasional bahkan Internasional,” kata Imron dalam siara pers yang diterima Solopos.com, Sabtu (12/11/2022).

Baca Juga: Sakjose Mazzeh! Mustakim Pesilat Klaten Sabet Emas di Kejuaraan Dunia

Pertandingan rugby di Karanganyar kali ini sebenarnya bukan event pertama yang diselenggarakan di Soloraya. Pertandingan rugby pernah digelar di Lapangan Banyuanyar, Solo, di tahun 2022.

“Dalam tiga tahun terakhir, kurang lebih sudah enam kali event rugby digelar, yaitu 2022 (2 kali), 2021 (3 kali), 2020 (1 kali). Sedangkan pada kesempatan kami dapat menyelenggarakan kembali pertandingan prakualifikasi Porprov XVI Jawa Tengah cabor rugby bertepatan dengan HUT Karanganyar,” imbuhnya.

Informasi dari panitia penyelenggara di pertandingan prakualifikasi Porprov cabor rugby di Karanganyar, Minggu (13/11/2022) sore, Tim Kota Surakarta menjadi juara I di kategori putra. Sedangkan juara I kategori putri disabet Tim Grobogan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya