Selamat! Staf Ahli DPR Lulus Cumlaude Doktor Ilmu Hukum di UMS Pabelan

 Staf ahli DPR, Rizka di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Pabelan, Kartasura, Sukoharjo, Sabtu (30/9/2017). (Iskandar/JIBI/Solopos)

SOLOPOS.COM - Staf ahli DPR, Rizka di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Pabelan, Kartasura, Sukoharjo, Sabtu (30/9/2017). (Iskandar/JIBI/Solopos)

Staf ahli DPR meraih gelar doktor.

Solopos.com, SUKOHARJO — Salah seorang staf ahli Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Rizka berhasil meraih gelar doktor di bidang Ilmu Hukum dengan predikat cumlaude di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

Dia resmi menyandang gelar doktor lmu Hukum setelah mempertahankan disertasinya di hadapan dewan penguji dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) 3,75 atau predikat cumlaude di Audirotorium M. Djazman, Pabelan, Kartasura, Sukoharjo, Sabtu (30/9/2017).

Pada siang kemairn dia berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul Hukum Rekayasa Reproduksi Indonesia Berbasis Transendental dalam ujian terbuka promosi doktor, di Auditorium M. Djazman di hadapan dewan penguji dengan lancar.

“Sejak tahun 1994, saya sudah tertarik untuk meneliti cara-cara menghasilkan anak dengan cara-cara aneh. Dan ini sebenarnya sudah banyak dilakukan di Indonesia. Tapi Indonesia belum menanggapi secara serius,” papar Rizka kepada wartawan seusai ujian.

Menurut dia, hal ini akan menjadi bumerang bagi Indonesia ketika tidak diatur secara tegas mengenai hukum rekayasa reproduksi. Karena dinilai akan merusak tatanan kehidupan di Indonesia.

Apalagi Indonesia yang masyarakatnya dikenal menjalani budaya Islam di berbagai daerah. Karena nanti dinilai akan berpengaruh terhadap nasab, waris, keturunan dan sebagainya.

Menyinggung hubungan penelitian tesisnya dengan hukum di Indonesia dia menjelaskan jika mengikuti hukum dari produk Belanda yang banyak dipakai di Indonesia, dinilai tak akan sama dengan konteks kebudayaan Indonesia. Karena itu pihaknya menawarkan hukum berbasis nilai-nilai transendental yang diambil dari nilai-nilai kebenaran agama. “Kalau sumber dari agama bisa dari fatwa-fatwa ulama,” ujar dia.

Dia menjelaskan setelah berhasil meraih gelar doktor yang diraih setelah menempuh studi tahun 2013-2017 dirinya akan alih provisi menjadi dosen. Apalagi dia mengaku akan dilamar UMS untuk mengajar.

Sementara itu Rektor UMS, Sofyan Anif mengatakan Rizka merupakan lulusan ke-9 Prorgam Doktor Ilmu Hukum UMS dan lulusan ke 2 yang meraih predikat cumlaude. Untuk itu Anis berharap UMS mampu terus meningkatkan kualitas dan mengupgrade ilmu sesuai dengan perkembangan zaman.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Definisi Keberuntungan Tingkat Dewa Ala Pendaki Gunung Kerinci

+ PLUS Definisi Keberuntungan Tingkat Dewa Ala Pendaki Gunung Kerinci

Seekor kelinci belang sumatra (Nesolagus netscheri) yang terancam punah tiba-tiba menghampiri pendaki Gunung Kerinci. Momen istimewa itu pun diabadikan melalui sebuah video yang diunggah pendaki ke media sosial.

Berita Terkini

Persekusi Tak Halangi Penghayat Kepercayaan Di Solo Untuk Berekspresi

Tindakan persekusi dari kelompok intoleran tak menghalangi para penghayat aliran kepercayaan di Kota Solo untuk menjalankan ritualnya karena telah dijamin konstitusi.

Wakil Ketua Banggar Terjatuh Seusai Laporkan Draf RAPBN 2023 ke Puan

Wakil Ketua Badan Anggaran (Banggar) Anggota DPR Komisi XI Fraksi Partai Golongan Karya Muhidin Mohammad Said terjatuh dalam Rapat Paripurna ke-26 DPR,

Revans, Jonatan Sikat Nishimoto untuk ke Perempat Final Malaysia Open

Jonatan Christie melangkah ke perempat final Malaysia Open 2022 setelah melakukan revans atas pebulu tangkis Jepang Kento Nishimoto dua game langsung 21-18, 21-17.

Definisi Keberuntungan Tingkat Dewa Ala Pendaki Gunung Kerinci

Seekor kelinci belang sumatra (Nesolagus netscheri) yang terancam punah tiba-tiba menghampiri pendaki Gunung Kerinci. Momen istimewa itu pun diabadikan melalui sebuah video yang diunggah pendaki ke media sosial.

Pegawai Tirtonadi Solo Tertangkap Lakukan Pungli, Ini Kata Ombudsman RI

Ombudsman RI mendorong penyelenggara pelayanan publik memberikan informasi jelas kepada masyarakat untuk menghindari maladministrasi dan pungutan liar.

Diduga Adang Truk di Karanganyar, Pemuda Jombang Meninggal Tertabrak

Pemuda asal Jombang, Jawa Timur, R, 17, meninggal tertabrak truk di Jalan Raya Solo-Sragen, tepatnya Desa Sroyo, Kecamatan Jaten, Karanganyar pada Kamis (30/6/2022) karena diduga mengadang truk.

Remaja Wonogiri Hilang Setahun Hamil, Guru Silat Mau Tanggung Jawab

Guru silat remaja Wonogiri yang hilang setahun lalu disebut mau bertanggung jawab atas kehamilan anak didiknya.

Penghayat Kepercayaan di Solo Kian Pudar, Sederet Faktor Jadi Pemicu

Jumlah organisasi penghayat di Kota Bengawan terus menurun. Pada 2016 jumlahnya 20, kemudian 2019 menjadi 12, dan 2022 menyisakan 10 organisasi. 

Iduladha, Arab Saudi Tetapkan 9 Juli 2022, Indonesia 10 Juli 2022

Arab Saudi juga menetapkan awal Dzulhidjah pada 30 Juni 2022, dan hari wukuf arafah pada 8 Juli 2022.

Jokowi akan Bertemu Vladimir Putin, Hal-Hal Ini yang akan Dibahas

Seusai mengunjungi Kiev, Ukraina pada Rabu (29/6/2022), Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan ke Moskow, Rusia bertemu Vladimir Putin.

Hoaks! Malam Ini Solo Uji Coba Beli Pertalite-Solar Pakai MyPertamina

Kabar tentang Kota Solo menjadi salah satu lokasi yang wajib menerapkan pembelian BBM jenis Pertalite dan Solar melalui aplikasi MyPertamina beredar di grup WhatsApp ternyata hoaks.

Hamil, Siapa Ayah Bayi Remaja Wonogiri yang Hilang Setahun Lalu?

Ayah bayi dalam kandungan remaja Wonogiri yang hilang setahun lalu masih menjadi misteri.

Kematian Pekerja Migran di Tahanan Imigrasi Sabah Terus Terjadi

Kasus kematian pekerja migran asal Indonesia di pusat tahanan imigrasi di Sabah, Malaysia, terus-menerus terjadi. Kondisi tidak manusiawi masih terus terjadi. Penghormatan terhadap harkat kemanusiaan buruh migran masih sering diabaikan.

Kurs Rupiah di BRI, BNI, Mandiri, dan BCA, Kamis 30 Juni 2022

Indeks dolar AS terpantau melemah 0,02% atau 0,022 poin ke level 105,084 pada pukul 08.51 WIB.

Hendak Jemput Bos ke Tawangmangu, Mobil Suzuki Xover Nyungsep di Parit

Kecelakaan lalu lintas tunggal terjadi di jalan menikung dan menanjak Jl Raya Solo-Tawangmangu, tepatnya Keprabon, Desa Karangpandan, Karangpandan, Kabupaten Karanganyar pada Kamis (30/6/2022).