Tutup Iklan

Selamat! Staf Ahli DPR Lulus Cumlaude Doktor Ilmu Hukum di UMS Pabelan

Selamat! Staf Ahli DPR Lulus Cumlaude Doktor Ilmu Hukum di UMS Pabelan

SOLOPOS.COM - Staf ahli DPR, Rizka di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Pabelan, Kartasura, Sukoharjo, Sabtu (30/9/2017). (Iskandar/JIBI/Solopos)

Staf ahli DPR meraih gelar doktor.

Solopos.com, SUKOHARJO -- Salah seorang staf ahli Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Rizka berhasil meraih gelar doktor di bidang Ilmu Hukum dengan predikat cumlaude di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

Dia resmi menyandang gelar doktor lmu Hukum setelah mempertahankan disertasinya di hadapan dewan penguji dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) 3,75 atau predikat cumlaude di Audirotorium M. Djazman, Pabelan, Kartasura, Sukoharjo, Sabtu (30/9/2017).

Pada siang kemairn dia berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul Hukum Rekayasa Reproduksi Indonesia Berbasis Transendental dalam ujian terbuka promosi doktor, di Auditorium M. Djazman di hadapan dewan penguji dengan lancar.

"Sejak tahun 1994, saya sudah tertarik untuk meneliti cara-cara menghasilkan anak dengan cara-cara aneh. Dan ini sebenarnya sudah banyak dilakukan di Indonesia. Tapi Indonesia belum menanggapi secara serius,” papar Rizka kepada wartawan seusai ujian.

Menurut dia, hal ini akan menjadi bumerang bagi Indonesia ketika tidak diatur secara tegas mengenai hukum rekayasa reproduksi. Karena dinilai akan merusak tatanan kehidupan di Indonesia.

Apalagi Indonesia yang masyarakatnya dikenal menjalani budaya Islam di berbagai daerah. Karena nanti dinilai akan berpengaruh terhadap nasab, waris, keturunan dan sebagainya.

Menyinggung hubungan penelitian tesisnya dengan hukum di Indonesia dia menjelaskan jika mengikuti hukum dari produk Belanda yang banyak dipakai di Indonesia, dinilai tak akan sama dengan konteks kebudayaan Indonesia. Karena itu pihaknya menawarkan hukum berbasis nilai-nilai transendental yang diambil dari nilai-nilai kebenaran agama. “Kalau sumber dari agama bisa dari fatwa-fatwa ulama,” ujar dia.

Dia menjelaskan setelah berhasil meraih gelar doktor yang diraih setelah menempuh studi tahun 2013-2017 dirinya akan alih provisi menjadi dosen. Apalagi dia mengaku akan dilamar UMS untuk mengajar.

Sementara itu Rektor UMS, Sofyan Anif mengatakan Rizka merupakan lulusan ke-9 Prorgam Doktor Ilmu Hukum UMS dan lulusan ke 2 yang meraih predikat cumlaude. Untuk itu Anis berharap UMS mampu terus meningkatkan kualitas dan mengupgrade ilmu sesuai dengan perkembangan zaman.

Berita Terkait

Berita Terkini

Lockdown Total Malaysia Diperpanjang 2 Pekan

Aturan lockdown total atau kontrol gerakan Malaysia yang dikenal sebagai MCO 3.0, diperpanjang dua pekan lagi, 15 Juni hingga 28 Juni 2021.

Begini Menag Sikapi Keputusan Haji 2021 Arab Saudi

Menteri Agama Yaqaut Cholil Qoumas menyatakan pemerintah tidak lagi fokus pada penyelenggaraan ibadah haji 2021 setelah keputusan Arab Saudi.

Angka Kematian Akibat Covid-19 di India Diragukan

Angka kematian resmi akibat virus corona di India semakin diragukan, seperti di Bihar yang temuan ribuan kasus Covid-19 tidak dilaporkan.

15 Anggota KKB Papua Dilumpuhkan, 4 Tewas Ditembak

Satgas Nemangkawi menundukkan kelompok kriminal bersenjata atau KKB yang diklasifikasikan teroris di Papua.

Film Hong Kong Bakal Dikekang UU Keamanan Nasional

Hong Kong menginstruksikan sensor film apa pun yang dinilai bertentangan dengan UU Keamanan Nasional yang diberlakukan oleh China tahun lalu.

Songsong Pilkada 2024, Puan Maharani Konsolidasikan PDIP di Jatim

Baliho bergambar Ketua DPR Puan Maharani bermunculan di Jawa Timur menjelang Pemilihan Presiden 2024 dan Pilkada 2024.

Ditinjau Menteri PUPR, Proyek Pintu Air Demangan Baru Capai 60%

Selain kondisi pintu air Demangan lama yang sudah mengkhawatirkan, terjadinya perubahan iklim turut mengubah debit air sungai.

Kim Jong-un Sebut K-Pop Seperti Kanker Ganas

Pimpinan tertinggi Korea Utara Kim Jong-un menyebut hallyu atau Korean wave bagaikan kanker ganas yang merusak anak muda Korea Utara.

Asyik, Wisata Kuliner Pasar Doplang Wonogiri Mulai Buka

Wisata Pasar Doplang Wonogiri khusus menyajikan kuliner/penganan tradisional dengan mengadopsi konsep transaksi zaman dahulu.

Teken MoU dengan LSPPO, FP UNS Bekali Lulusan dengan Kompetensi Pertanian Organik

FP UNS bakal menjadi tempat uji kompetensi dan membekali lulusan dengan sertifikat kompetensi bidang pertanian organik.

Kediri Canangkan Gempur Rokok Ilegal

Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur menggandeng Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai untuk mencanangkan kampanye Gempur Rokok Ilegal.

Waduh, Ada Titik Api Baru di Pembatas Tangki Pertamina Cilacap

Pihak Pertamina Cilacap menjelaskan ada titik api baru di area 39 yang menjadi lokasi kebakaran tangki di kawasan kilang Jumat malam.