Tutup Iklan

Selamat! SMAN 4 Solo Juara Festival Musikalisasi Puisi Jawa Tengah, SMKN 8 Solo Ketiga

SMAN 4 Solo dan SMKN 8 Solo masing-masing meraih juara I dan III dalam lomba musikalisasi puisi yang digelar Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah.

 Tim musikalisasi puisi SMA Negeri 4 Surakarta menerima piala, sertifikat, dan uang pembinaan dari Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Dr. Ganjar Harimansyah. (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Tim musikalisasi puisi SMA Negeri 4 Surakarta menerima piala, sertifikat, dan uang pembinaan dari Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Dr. Ganjar Harimansyah. (Istimewa)

Solopos.com, SEMARANG —Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah menggelar Babak Final Festival Musikalisasi Puisi Tingkat Pelajar SMA/SMK/MA Jawa Tengah di Hotel Griptha, Kudus, Minggu, (19/9/9/2021). Babak final tersebut diikuti oleh enam finalis yang lolos pada penjurian babak penyisihan yang diselenggarakan secara virtual pada Juni lalu.

Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Ganjar Harimansyah, mengatakan Festival Musikalisasi Puisi ini bertujuan mewadahi kreativitas pelajar di Jawa Tengah dalam rangka memusikalisasikan puisi, khususnya karya penyair Jawa Tengah. Selain itu, kegiatan tersebut diharapkan melahirkan seniman, sastrawan, atau musikus baru yang dapat mengharumkan nama Jawa Tengah.

“Semua peserta yang masuk finalis sejatinya sudah menjadi juara karena telah menampilkan yang terbaik,” ujar Ganjar saat penutupan Babak Final Festival Musikalisasi Puisi, dalam rilis yang diterima Solopos.com, Senin (20/9/2021).

Baca Juga: Rumah Dibongkar, Seratusan Warga 4 RW di Semanggi Solo Dapat Bantuan Rp5 Juta

Ganjar menambahkan, pada babak final kali ini finalis membawakan puisi wajib berjudul “Perahu Rindu” karya Dian Rusdiana. Selain itu, finalis juga memilih satu puisi untuk dimusikalisasikan. Yakni “Saat Datang Malam” karya Irna Novi Damayanti, “Kepadamu” karya Emi Suy, “Mengikat Mimpi” karya Nadjib Kertapati, “Bulan di Atas Pagar” karya Umi Kulsum, “Purnama Tenggelam” karya Ayi Jufridar, atau “Serenade Biru” karya Ratna Ayu Budhiarti.

Daftar Juara

Ketua panitia kegiatan, Moch. Fikri, menjelaskan juri babak final berasal dari kalangan sastrawan, akademisi, dan pegiat musikalisasi puisi. Mereka adalah Darno dari Institut Seni Indonesia Solo, Joshua Igho dari Magelang, dan Max Baihaqi dari Solo.

“Dua penampil terbaik akan mewakili Jawa Tengah dalam Festival Musikalisasi Puisi tingkat nasional pada 18 Oktober 2021 mendatang,” jelasnya.

Fikri juga berharap kedua wakil Jawa Tengah dapat meraih penghargaan di tingkat nasional. Beberapa tahun wakil Jawa Tengah menyabet juara di tingkat nasional, bahkan pernah menjadi pemenang pertama pada 2018.

Baca Juga: Viral Pria Mirip dengan Didi Kempot, Netizen Langsung Rindu sang Legenda
Setelah dilakukan penjurian pada babak final, penampil terbaik I  adalah SMAN 4 Solo dan berhak mendapat uang pembinaan Rp6 juta. Penampil terbaik II yang berhak mendapat uang pembinaan Rp5 juta adalah SMAN 1 Magelang. Adapun penampil terbaik III yang mendapat hadiah pembinaan Rp4 juta adalah SMKN 8 Solo.

Sementara itu, penampil harapan I diraih oleh SMAN 1 Toroh, Grobogan, dengan hadiah uang pembinaan Rp3 juta. Penampil harapan II adalah SMAN 15 Semarang dengan hadiah uang pembinaan Rp2,5 juta, Adapun penampil harapan III adalah SMA Negeri 1 Pecangaan, Jepara, dengan hadiah uang pembinaan Rp2 juta.


Berita Terkait

Berita Terkini

UMK Wonogiri Naik 0,07%, SPSI: Harusnya Lebih dari Inflasi 1%

UMK Wonogiri naik sekitar 0,07% disbanding tahun lalu.

Masalah Adminduk Persulit Advokasi Orang dengan HIV/AIDS di Wonogiri

Masalah administrasi kependudukan mempersulit Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Wonogiri untuk mengadvokasi orang dengan HIV/AIDS.

Sukses di Bendosari, Bazar Tani Ditiru 11 Kecamatan Lain Se-Sukoharjo

Kecamatan Bendosari dianggap sukses menggelar bazar tani sehingga Distankan Sukoharjo meminta semua kecamatan mengadakan kegiatan serupa.

Naik Kelas Tipe C, RS Waras Wiris Andong Boyolali Berbenah

Saat ini, RS memiliki kapasitas 101 tempat tidur, fasilitas CT Scan 128 slide, rontgen panoramic hingga USG 4 Dimensi.

Jalan Setapak ke Situs Watu Genuk Kragilan Boyolali bakal Dicor

Hasil ekskavasi yang digelar Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah lalu membikin peluang pengembangan kawasan wisata di sana makin terbuka.

Makin Wah, Tirto Mili Klaten bakal Dilengkapi Embung dan Pulau Buatan

Pemancingan Tirto Mili di Desa Pasung, Wedi, Klaten, bakal ditingkatkan dengan membangun embung dilengkapi pulau buatan.

KSP Sejahtera Bersama Solo Bermasalah, Anggota Minta Atensi Pemerintah

Pemerintah diharapkan bisa hadir dan membantu memberikan solusi atas kasus gagal bayar koperasi simpan pinjam seperti yang terjadi di KSP Sejahtera Bersama Solo.

Optimalkan Pajak Galian C, Pemkab Klaten Gandeng Desa di Lereng Merapi

Bupati Klaten Sri Mulyani berharap warga ikut membantu mengendalikan aktivitas pertambangan galian C.

Umur Kurang 1 Bulan, Perempuan Menangis Gagal Daftar Perdes Wonogiri 

Seorang perempuan warga Pokoh Kidul sampai menangis tidak bisa mendaftar perangkat desa sebab umurnya kurang satu bulan.

Pasar Legi Solo Segera Ditempati, Gibran: Aturannya bakal Lebih Ketat!

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan akan membuat aturan baru yang lebih ketat di Pasar Legi untuk mencegah terulangnya kebakaran pada 2018 lalu.

Pakar Pengupahan UNS Solo: Penetapan UMK 2022 Untungkan Pengusaha

Pakar pengupahan yang juga akademisi UNS Solo menilai penetapan UMK 2022 yang berdasarkan PP No 36 lebih berpihak pada kalangan pengusaha ketimbang pekerja.

Ini Poin-Poin SE Wali Kota Solo Terkait Pengetatan Jelang Libur Nataru

SE Wali Kota Solo tentang PPKM yang terbit pada Selasa (30/11/2021) mengatur sejumlah pengetatan aktivitas masyarakat sebagai antisipasi libur Nataru.

Pelaku Begal Payudara di Klaten Ditangkap, Mengaku Beraksi 10 Kali

Pelaku berinisial F, 31, warga Kecamatan Klaten Tengah, ditangkap di rumahnya, Selasa (30/11/2021) pagi.

Keseruan Berebut Ayam dalam Tradisi Mondosio Pancot Tawangmangu

Pelepasan ayam menjadi ciri khas yang hanya ada dalam tradisi Mondosio yang digelar di Dusun Pancot, Kelurahan Kalisoro, Tawangmangu, Karanganyar.

PLN bakal Bangun Stasiun Pengisi Daya Kendaraan Listrik di Solo Baru

PLN menargetkan ekosistem kendaraan listrik di Soloraya terbentuk pada 2026, salah satu upayanya dengan membangun stasiun pengisi daya di Solo Baru, Sukoharjo.