SOLOPOS.COM - Penyelenggaraan Solo International Performing Arts atau SIPA 2018. (Istimewa/SIPA 2018)

Solopos.com, SOLO — Solo International Performing Arts (SIPA) masuk tiga besar kategori event Anugerah Bangga Buatan Indonesia (ABBI) 2020 oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Bersaing dengan acara kesenian lain yakni Papermoon (Yogyakarta) dan ArtJog (Yogyakarta). Dalam rilis kepada media, Kamis (19/11/2020), direktur SIPA, RAy Irawati Kusumorasri, mengaku bangga atas apresiasi tersebut.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pencapaian ini ia harapkan mampu menjadi semangat bersama agar SIPA semakin unggul dan menjadi festival kebanggaan Kota Solo dalam kancah domestik maupun internasional.

Gibran-Teguh Dan Bajo Segera Bertemu Kembali Di Debat Putaran II Pilkada Solo, Bahas Apa Kali Ini?

Solo International Performing Arts atau SIPA memenuhi kriteria penilaian ABBI antara lain memiliki kearifan lokal dengan menampilkan penari, pemusik, sekaligus pemain teater Indonesia. Mempunyai dampak sosial dan lingkungan dengan mengajak Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) serta pedagang menjajakan produk pada bazar acara.

Selain itu juga keaktifan mereka selama masa pandemi Covid-19 dengan menggelar SIPA Virtual Festival 2020 lewat kanal Youtube SIPA FESTIVAL.

Tak hanya itu, komunitas SIPA juga dianggap sukses menggandeng lebih dari 50 media partner, website, dan sosial media. Agenda virtual mereka Agustus lalu bahkan mampu menarik lebih dari 55.000 penonton.

Positif Covid-19 Solo Meledak Lagi, Sehari Tambah 100 Kasus Baru

Pertunjukan Bergengsi

“Harapannya, SIPA bisa menjadi kebanggaan Indonesia sebagai festival seni pertunjukan bergengsi dalam kancah internasional. Juga menjadi pasar seni pertunjukan Indonesia ke kancah internasional dan sebagai festival budaya untuk daya tarik pariwisata domestik dan mancanegara,” tambah direktur Solo International Performing Arts tersebut.

Pengumuman resmi tentang nominasi penghargaan tersebut juga disampaikan dalam acara Jumpa Pers ABBI bersama para pejabat pemerintah pusat, Jumat (20/11/2020). Selanjutnya, Ira berharap masyarakat Solo mendukung SIPA dengan vote atau memilihnya melalui website resmi ABBI yakni anugerah.banggabuatanindonesia.co.id.

Ini bukanlah kali pertama SIPA mendapat apresiasi tinggi. Tahun lalu SIPA berhasil menyabet penghargaan Top 30 Event Calender Of Event Wonderful 2019.

Debat I Pilkada Klaten: Sri Mulyani Janjikan Pemerintahan Anti-Korupsi, ABY Kembangkan Desa Pinggiran

Kala itu piagam diberikan langsung kepada Ira oleh Kementerian Pariwisata bekerja sama dengan MarkPlus Center of Tourism and Hospitality pada 25 April 2019 di Atrium Mal Kota Kasablanka, Jakarta.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio dalam jumpa pers, Jumat, mengatakan ABBI 2020 mengusung tema besar Penguatan Ekosistem Digital dan Produk Kebanggaan Indonesia yang Menginspirasi.

Penganugerahan ini mengacu pada gerakan nasional bangga buatan Indonesia yang lahir sesuai dengan arahan Presiden. Upaya ini untuk mitigasi dampak Covid-19 pada sektor ekonomi dan UMKM.

Pembangunan Pasar Legi Solo Mulai, Wali Kota: Ada Yang Berani Lakukan Pungli, Tendang Saja!

Pergerakan Ekonomi

Penghargaan untuk pelaku usaha ada sebelas kategori, yaitu fashion, kriya, kuliner, film, animasi, musik. Juga aplikasi, game, manufaktur, kecantikan dan kebugaran, serta event.

Wishnutama menjelaskan proses seleksi mulai dengan memilih 30 peserta setiap kategori oleh Tim Kurator dari 14 kementerian dan lembaga. Serta 10 asosiasi dan idEA. Selanjutnya, proses penjurian untuk pemilihan finalis tiga besar per kategori oleh Tim Juri dari media, praktisi, dan akademisi profesional.

Tambah 65 Kasus, Kumulatif Positif Covid-19 Sukoharjo Hampir Sentuh 1.500 Orang

Masyarakat dapat memberikan suaranya melalui https://www.banggabuatanindonesia.co.id/ untuk menentukan juara I, II, dan III. Voting mulai 20 November-5 Desember 2020.

“Melalui acara ABBI 2020 ini, kami harapkan dapat memberikan motivasi bagi pelaku UMKM untuk terus mengembangkan usaha. Membantu pelaku usaha mendorong pergerakan ekonomi yang melemah karena mobilitas masyarakat yang dibatasi serta diharapkan dapat mempermudah penyerapan produk-produk Indonesia,” kata Wishnutama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya