SOLOPOS.COM - Sumanto, menjadi Ketua DPRD Jateng, Senin (5/6/2023). Sumanto menggantikan sisa masa jabatan Ketua DPRD Jateng sebelumnya, yakni mendiang Bambang Kusriyanto atau yang akrab disapa Bambang Krebo. (Solopos.com/Adhik Kurniawan)

Solopos.com, SEMARANG — Sisa masa jabatan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) periode 2019-2024 yang ditinggalkan almarhum Bambang Kusriyanto, kini secara resmi digantikan oleh Sumanto.

Sebelumnya, Bambang Kusriyanto atau yang akrab disapa Bambang Krebo itu meninggal dunia pada Minggu (2/4/2023) lalu.

Promosi BRI Pastikan Video Uang Hilang Efek Pemilu untuk Bansos adalah Hoaks

Sumanto secara resmi menjadi nakhoda baru usai diambil sumpah jabatan dalam rapat paripurna DPRD Jateng yang dipimpin langsung Wakil Ketua DPRD Jateng, Sukirman di Ruang Paripurna Gedung Berlian, Senin (5/6/2023). Turut hadir dalam pelantikan tersebut, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Sumanto, legislator asal Kabupaten Karanganyar berkomitmen meningkatkan transparansi dan aspirasi masyarakat sebagai wujud menjadikan parlemen yang modern.

“Semoga bisa menggantikan sesuai yang diharapkan pemerintah dan DPRD Jateng. Mari kita wujudkan parlemen yang modern. Di mana anggota mau melakukan perubahan mental disiplin waktu komunikas dan aturan,” kata Sumanto saat menyampaikan sambutan usai diambil sumpah jabatan, Senin (5/6/2023).

Sebagai Ketua DPRD Jateng baru, Sumanto juga mengucapkan syukur dan terima kasih kepada seluruh anggota legeslatif. Tak lupa, ia mengucapkan terima kasih kepada Ketua Umum (Ketum) PDIP, Megawati Soekarnoputri.

“Syukur dan terima kasih yang dilimpahkan kepada saya dihadapan saudara. Saya berjanji menjalankan amanat yang mulia,” katanya.

Sekadar informasi, Sumanto sebelumnya menjabat sebagai Ketua Komisi B DPRD Jateng. Kemudian, ia ditetapkan menjadi Ketua DPRD usai rapat paripurna, pada Selasa (2/5/2023) lalu.

Penetapan Sumanto sebagai Ketua DPRD Jateng setelah DPD PDIP Provinsi Jateng mengajukan surat usulan kepada DPRD Jateng soal pengajuan nama untuk menggantikan almarhum Bambang Kusriyanto. Surat itu ditandatangani DPD PDI Perjuangan Provinsi Jateng, Bambang Wuryanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya