SOLOPOS.COM - Pelaksanaan Musyawarah Daerah (Musda) VIII Majelis Ulama Indonesia (MUI) Klaten di ruang pertemuan Masjid Agung Al Aqsha Klaten, Rabu (7/12/2022).(Istimewa/Pemkab Klaten)

Solopos.com, KLATEN — Kiai Haji (KH) Hartoyo terpilih sebagai ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Klaten periode 2022-2027. KH Hartoyo menggantikan peran KH Jazuli Fadil yang menjadi ketua MUI di periode sebelumnya.

Pemilihan KH Hartoyo sebagai ketua MUI Klaten merupakan hasil Musyawarah Daerah (Musda) VIII di ruang pertemuan Masjid Agung Al Aqsha Klaten, Rabu (7/12/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hadir dalam pembukaan musda tersebut, Ketua MUI Jawa Tengah, KH Ahmad Darodji; Takmir Masjid Al Aqsa Klaten, KH Mustari; Ketua Baznas Klaten, KH Mukhlis Hudaf; perwakilan Dinas Kominfo; Ketua dan Sekretaris MUI cabang di kecamatan di Klaten; perwakilan ormas Islam; dan lembaga pendidikan agama Islam di Klaten.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Persoalan KDRT Jadi Materi Terfavorit dalam Bimwin Kecantol Kamu di Klaten

“Banyak sekali nasehat yang telah disampaikan oleh para ulama kepada kita. Ini adalah bukti bahwa pemerintah dan ulama memiliki keterkaitan yang tidak bisa dipisahkan. MUI telah memberikan banyak masukan dalam bentuk fatwa maupun rekomendasi lainnya kepada pemerintah yang kemudian diadopsi ke dalam kebijakan-kebijakan pemerintah,” kata Sekda Klaten, Jajang Prihono, saat membuka Musda VIII MUI Klaten sesuai siaran pers yang diterima Solopos.com, Kamis (8/12/2022).

KH Hartoyo mengaku terkejut dirinya terpilih kembali sebagai ketua MUI Klaten secara aklamasi. Padahal, di Klaten banyak kiai dan ustaz muda dan berpengalaman.

“Saya sama sekali tak menduga terpilih lagi secara aklamasi sebagai ketua MUI Klaten 2022-2027. Padahal kaderisasi ulama di Klaten juga cukup baik,” katanya.

Baca Juga: Mulia! Siswa Speak First Klaten Donasi Buku untuk Bantu Korban Gempa Cianjur

Sementara, Ketua MUI Klaten periode 2017-2022, KH Jazuli Fadil, mengatakan musda merupakan forum tertinggi dalam lembaga MUI yang berisi pembahasan pelaksanaan agenda selama lima tahun mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya