Selamat! Jenderal Andika Perkasa Menjadi Panglima TNI

Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Panglima TNI berdasarkan Rapat Paripurna DPR RI ke-9 Masa Persidangan II Tahun Sidang 2021-2022 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (8/11/2021).

 DPR RI setujui Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Panglima TNI menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto. (Liputan6.com)

SOLOPOS.COM - DPR RI setujui Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Panglima TNI menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto. (Liputan6.com)

Solopos.com, JAKARTA — Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Panglima TNI. Keputusan itu diambil melalui Rapat Paripurna DPR RI ke-9 Masa Persidangan II Tahun Sidang 2021-2022 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (8/11/2021).

Dilansir dari Liputan6.com, Senin, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menyetujui Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Panglima TNI. Ketua DPR, Puan Maharani, memimpin Rapat Paripurna DPR RI ke-9 tersebut.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Baca Juga : Hari Ini, Rachel Vennya Diperiksa sebagai Tersangka

“Apakah laporan Komisi I atas hasil fit and proper test pemberhentian Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan pengangkatan Jenderal TNI Andika Perkasa dapat disetujui,” tanya Puan kepada seluruh anggota DPR RI yang hadir secara fisik dan virtual di ruang rapat Paripurna, Senin (8/11/2021).

“Setuju!,” jawab Puan mengetuk palu sidang.

Puan memberi selamat kepada Andika dan berharap dapat menjalankan peran sebagai pimpinan TNI selanjutnya dengan amanah. “Selamat kepada pimipinan TNI dan dapat melaksanakan peran strategis dengan penuh amanah,” tutup Puan.

Baca Juga : Jaksa Agung Beri Acuan Penanganan Tersangka Narkoba, Ini Alasannya

Dengan demikian, Andika Perkasa tinggal menunggu jadwal pelantikan yang akan dilakukan Presiden Joko Widodo. Sebelumnya, Andika telah mendapatkan persetujuan Komisi I DPR seusai menjalani uji kelayakan dan kepatutan, Sabtu (7/11/2021). Saat itu, Andika memaparkan visi dan misi apabila menjadi Panglima TNI.

Merangkum yang disampaikan, Andika mengusung visi TNI adalah Kita. Menurut jenderal bintang empat itu, visi tersebut merupakan interpretasi bagi masyarakat Indonesia untuk melihat TNI apa adanya dengan segala kekurangan dan perbaikan yang harus dijalani. Andika mengusung misi dengan delapan fokus di dalamnya, mulai dari Undang-Undang hingga soal diplomasi.

Baca Juga : Sejarah Hari Ini : 8 November 1643, Shunzhi Jadi Kaisar Dinasti Qing

Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid, dalam laporannya seperti dilansir Antara mengatakan Komisi I DPR telah melaksanakan uji kelayakan calon Panglima TNI pada Sabtu (6/11/2021) untuk mendengarkan visi-misi Jenderal Andika. Setelah itu, dilanjutkan pengambilan keputusan, yaitu menyetujui pemberhentian dengan hormat Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI dan memberikan apresiasi atas dedikasinya selama memimpin TNI.

Sumber: liputan6.com, Antara

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Mengenal Prabu Rabindra, MUA Cilik Solo yang Punya Rencana Karier Matang

      Prabu Rabindra Wisnu Wardhana, siswa kelas IX di SMP Negeri 10 Solo telah memiliki sertifikat kompetensi di bidang kecantikan kulit untuk kualifikasi periasan wajah atau MUA

      Heboh Anies Baswedan Naik Jet Pribadi, Nasdem: Dulu Jokowi Juga Kami Sewakan

      Meskipun begitu, Ali menegaskan jet pribadi tersebut hanya sewaan sebab Anies Baswedan tak memiliki jet pribadi.

      Kaesang Pangarep Antar Undangan Pernikahan ke Cikeas, SBY Janjikan Hadir

      Mendapat undangan langsung dari Kaesang, SBY mengusahakan untuk hadir pada pernikahan yang digelar di Solo pada Minggu (11/12/2022) itu.

      Wapres Ma'ruf Amin Pastikan Hadiri Pernikahan Kaesang Pangarep

      Wapres Ma'ruf Amin menganggap keluarga Jokowi sebagai bagian dari keluarganya sendiri.

      Ricky Rizal Kukuh Tak Tahu Rencana Pembunuhan Brigadir Yosua

      Ricky tidak menyangka setelah itu ternyata terjadi penembakan terhadap Yosua oleh Bharada Richard Eliezer.

      Cerita Ricky Rizal Lihat Kuat Ma'ruf Bawa Pisau Kejar Brigadir Yosua

      Fakta Yosua dikejar Kuat Ma'ruf dengan pisau itu diungkap salah satu terdakwa, Ricky Rizal, saat dihadirkan sebagai saksi dalam lanjutan persidangan, Senin (5/12/2022).

      Tamu Mabuk Miras Picu Tawuran di Resepsi Pernikahan di Bekasi

      Tawuran dipicu rasa tidak terima tamu undangan karena ditegur warga lantaran mengkonsumsi minuman keras.

      Tidak Setuju dengan RKUHP, Menkumham: Gugat di MK daripada Pakai UU Belanda

      Menkumham, Yasonna H. Laoly, mempersilakan pihak yang tidak setuju terhadap RKUHP mengajukan gugatan ke MK daripada harus memakai UU KUHP sejak zaman Belanda.

      Hakim Soroti Tindakan Ricky Rizal Transfer Rp200 Juta dari Rekening Brigadir J

      Hakim ketua, Wahyu Iman Santosa, menyoroti tindakan Ricky Rizal yang memindahkan uang Rp200 juta dari rekening Brigadir J ke rekeningnya sendiri.

      Pengacara Bharada E Ungkap Sosok Perempuan Menangis Keluar Rumah Ferdy Sambo

      Penasihat hukum Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E, Ronny Talapessy, buka-bukaan terkait sosok perempuan yang menangis saat keluar dari rumah Ferdy Sambo di Jl. Bangka.

      Pengacara Serahkan Rekomendasi Justice Collabolator Richard Eliezer ke JPU

      Pengacara terdakwa Richard Eliezer Pudihang Lumiu, Ronny Talapessy, menyampaikan rekomendasi pemberian hak justice collabolator dari LPSK kepada JPU.

      700 Peserta dari 16 Negara Hadir dalam Konferensi ISETH ke-8 UMS

      UMS membuka konferensi International Summit on Science, Technology, and Humanity (ISETH) ke-8 di Gedung Mohamad Djazman UMS, Senin (5/12/2022).

      Dorong Semangat Wirausaha, ISI Surakarta Gelar Expo Produk Mahasiswa

      ISI Surakarta menggelar pameran produk unggulan mahasiswa yang dikemas dalam program Expo Kewirausahaan Mahasiswa ISI Surakarta (Examasta), di Solo Square,

      Jokowi: Tak Semua Rumah Terdampak Gempa Cianjur Direlokasi

      Hanya rumah yang terletak di pusat gempa dan titik rawan di Kecamatan Cugenang akan direlokasi.

      Peserta dari 20 Negara di Asia & Eropa Hadiri Conser 2022 ITNY di Bali

      ITNY menyelenggarakan Conser 2022 1st 2022 International Conference on Sustainable Environment, Development, and Energy di Bali pada Senin-Selasa (5-6/12/2022) dan dihadiri peserta dari 20 negara.

      Para Pahlawan Berhidung Tajam di Tanah Bencana

      Anjing pelacak dari Polri ikut ambil bagian sebagai pahlawan berhidung tajam dalam proses pencarian jenazah korban gempa Cianjur, Jawa Barat beberapa waktu lalu.