SOLOPOS.COM - Para pemenang kategori 10 km putra CommuteRun 2022 berfoto bersama Direktur KAI, Didiek Hartantyo (kanan bawah), Minggu (18/9/2022). Solopos/Afifa Enggar Wulandari)

Solopos.com, SOLO — Riuh tepuk tangan dan iringan musik menyambut para pemenang ajang lomba lari CommuteRun 2022 yang digelar oleh KAI Commuter (KCI), Minggu (18/9/2022) di Stasiun Palur Karanganyar. Dengan raut muka semringah, para pemenang dari masing-masing kategori naik ke panggung.

Ada delapan kategori pemenang dalam CommuteRun, yakni kategori etape I 2 km putra dan putri, kategori etape II 6 km putra dan putri, kategori etape III 10 km putra dan putri, serta kategori kostum terbaik putra dan putri.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dari kategori 2 km putra, juara I dimenangkan oleh Yusuf Thoyib Abdullah, juara II Bambang Irawan, dan juara III Windi. Sementara juara I kategori 6 km putra dimenangkan oleh Rendra Damar S, juara II Ari Yulianto, dan juara III M Zharfan D. Juara I kategori 10 km putra dimenangkan Eldi, juara II Diky Martin, dan juara III Denta.

Untuk kategori 2 km putri, juara I dimenangkan Sani Oktavia, juara II Tanti Hanani, dan juara III Hannifa Amalia. Sementara dari kategori 6 km putri, juara I Yasminun A. I, juara II Angelina Siyo, juara III Emma W. Kategori 10 km putri juara I dimenangkan Adittya Permatasari, juara II Istimo Farida, juara III Nerisa Bunga.

Kategori kostum terbaik putra, juara I dimenangkan Nasib Muljo, juara II Eko David Rianto, juara III Agung Risky. Kategori kostum terbaik putri, juara I dimenangkan oleh Alvionita, juara II Jesslyn, dan juara III Ratih Pusparani.

Baca Juga: Makin Diminati Masyarakat, KRL Solo-Jogja Menghubungkan Wisata Antardaerah

Penyelenggara juga menyediakan satu kereta rel listrik (KRL) luar biasa yang disediakan untuk para peserta CommuteRun. Mereka dapat menikmati perjalanan dari Stasiun Purwosari hingga Stasiun Palur bersama 500 pelari lainnya.

Juara I kategori 10 km putri, Adittya Permatasari mengungkapkan kegembiraannya. Usahanya berangkat dari Kota Salatiga pukul 03.00 WIB dini hari tak sia-sia. Perempuan 18 tahun itu tampak semringah seusai turun dari panggung dan menerima penghargaan berupa medali serta uang pembinaan Rp2 juta.

“Bersyukur sekali ya dapat juara 10 km putri. Saya berangkat pagi sekali pukul 03.00 WIB itu saya sudah on the way Solo. Sampai di Solo 04.00 WIB lebih,” papar dia saat diwawancara Solopos di Stasiun Palur.

Baca Juga: Momen-Momen CommuteRun 2022 di Solo, Antusiasme hingga Kostum Unik Peserta

Ia memang menggemari cabang olahraga lari. Biasanya, ia mengikuti kejuaraan lari 800 meter dan 1.500 meter. Untuk lari jarak jauh seperti 10 km hanya ia maksimalkan untuk daya tahan tubuhnya. Namun ia berhasil menjadi juara I kategori 10 km putri dengan waktu tempuh 53 menit 13 detik saja.

“Event lari memang sudah biasa. Tapi kalau spesialis saya di 800 meter dan 1.500 meter. Kalau untuk 10 km ini buat daya tahan saja,” kata dia.

Meski kerap mengikuti perlombaan lari, Adittya tetap berlatih rutin. Sebelum mengikuti Commute Run di Kota Solo, ia berlatih daya tahan selama sepekan. Menariknya, gara-gara ikut Commute Run yang digelar KCI, Adittya berkesempatan menjajal KRL.

Ia sendiri mengaku belum pernah naik KRL Solo – Yogyakarta. “Seru ya. Ngadain seperti ini di Solo. Kalau enggak ada kayak gini, saya enggak ngerasain naik KRL,” katanya sambil tertawa.

Baca Juga: Keripik Gedebok Pisang dan Belasan UMKM Semarakkan CommuteRun 2022

Jika Adittya baru pertama kali menjajal KRL Solo – Yogyakarta, juara I kategori 6 km putra, Rendra Damar, justru baru kali pertama mengikuti ajang road running. Rendra menjadi juara I dengan menempuh lintasan 6 km dalam waktu 22 menit saja. Namun, ia sudah pernah mengikuti kejuaraan berjenjang. “Kalau road running, event lari begini baru pertama kali. Tapi kejuaraan berjenjang pekan olahraga pernah ya,” kata Rendra.

Tepuk tangan meriah juga tak kalah saat para pemenang kategori kostum terbaik naik ke panggung. Ada dari mereka yang mengenakan kostum ala spiderman, lurik dan jarik, serta memakai topeng dan mengibarkan bendera. Kategori kostum terbaik putra dan putri masing-masing juara III mendapat uang Rp350.000, juara II mendapat Rp400.000, dan juara I mendapat Rp500.000.

Sementara itu, juara I kategori 10 km, Eldi menilai event Commute Run dengan satu kata, “mantap”. Pria 22 tahun asal Kostrad 413 Sukoharjo itu mampu menyelesaikan lintasan lari 10 km dalam waktu 41 menit 22 detik saja. “Mantap,” kata Eldi dengan singkat.

Eldi sendiri kerap mengikuti perlombaan lari. Terhitung Commute Run menjadi ajang lomba lari ke-10 yang pernah ia ikuti.

“Sudah 10 kali. Biasanya 25 km dan 10 km,” papar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya