Selamat! Inilah Para Juara Lomba Mewarnai dan Menggambar HUT Ke-25 Solopos

Enam peserta terpilih menjadi juara lomba mewarnai dan menggambar yang digelar Solopos Media Group, Minggu (25/9/2022) di Pendapa Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta. 

Minggu, 25 September 2022 - 17:37 WIB Penulis: Afifa Enggar Wulandari Editor: Anik Sulistyawati | Solopos.com

SOLOPOS.COM - Para pemenang Lomba Menggambar HUT ke-25 Solopos bersama ketua tim juri Mugi Suryana (kanan) dan Direktur Keuangan & SDM Solopos Media Group (SMG), Anissa Nurul Aini (kiri) di Pendapa ISI Solo, Minggu (25/9/2022). (Solopos/Sri Sumi Handayani)

Solopos.com, SOLO  — Enam peserta terpilih menjadi juara lomba mewarnai dan menggambar yang digelar Solopos Media Group, Minggu (25/9/2022) di Pendapa Institut Seni Indonesia (ISI) Solo. 

Lomba mewarnai diikuti oleh anak-anak TK hingga kelas II SD. Sementara lomba menggambar diikuti anak usia kelas III SD hingga kelas 5 SD. Lomba tersebut mengusung tema Budaya Jawa. Dari hasil catatan panitia, ada 30 peserta lomba menggambar dari seluruh kategori. Sementara lomba mewarnai ada 57 peserta dari seluruh kategori. Mereka berasal dari Kota Solo, Soloraya, bahkan dari Kota Yogyakarta.

Lomba tersebut menjadi bagian kemeriahan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-25 Solopos. Tak hanya lomba, anak-anak dan orang tua yang hadir juga bisa menikmati bazar usaha mikro kecil menengah (UMKM) serta kuliner di lokasi yang sama.

Lomba menggambar dan mewarnai dimulai pukul 10.00 WIB. Para peserta mendapatkan waktu 90 menit untuk menyelesaikan tugasnya.

Setelah melalui proses penjurian, akhirnya panitia mengumumkan para pemenang. Untuk kategori lomba mewarnai para pemenangnya adalah Ainara Lutfia Ananta berhasil menyabet juara I, Ralinezia Maryam Putrianto sebagai juara II, dan Azarin Jasmine Mumtazah sebagai juara III.

Kemudian dari kategiri lomba menggambar, Zamira Aqila A.J berhasil menyabet juara I, Alfino Zivana Naomi Amabel menyabet juara II, dan Vanessa Zahra Rahma Alkusna sebagai juara III. Para pemenang  mendapatkan hadiah total sekitar Rp2 juta serta trofi.

Baca Juga: Serunya 87 Anak Kreatif Ikut Lomba Mewarnai dan Menggambar Solopos

Sebelum kegiatan dimulai, mereka dengan sportif telah mengikuti lomba mewarnai dan menggambar yang digelar di Pendapa Ageng Institut Seni Indonesia (ISI) Solo. Dengan membawa peralatan sendiri, mereka sudah datang di lokasi lomba sejak pukul 08.00 WIB.

Juara III lomba mewarnai, Azarin Jasmine Mumtazah mengatakan ia sudah berada di Pendapa Ageng ISI Solo sejak pukul 08.00 WIB. Jasmine, panggilannya, datang bersama ibunya.

“Jam 08.00 WIB sudah berangkat. Soalnya kan rumahnya masih di Solo,” kata Jasmine saat berbincang dengan Solopos.com.

Jasmine merupakan siswa kelas 2 SDN Tunggulsari, Kecamatan Laweyan, Solo. Ia masih berusia tujuh tahun dan saat ini masih kelas 2. Kepada Solopos.com, Jasmine bercerita ia memang suka mewarnai dan menggambar. Tak heran, lomba mewarnai SMG ini bukan menjadi kali pertama Jasmine mengikuti lomba.

“Memang suka [mewarnai]. Sudah berkali-kali ikut lomba mewarnai. Ke berapa ya, lebih dari tiga,” katanya.

Baca Juga: Jangan Lupa Besok! Pentas Wayang Bersama Dalang Ki Anom Suroto di ISI Solo

Para pemenang atau yang mewakili pemenang Lomba Mewarnai HUT ke-25 Solopos bersama ketua tim juri Mugi Suryana (kanan) dan Direktur Keuangan & SDM Solopos Media Group (SMG), Anissa Nurul Aini (kiri) di Pendapa ISI Solo, Minggu (25/9/2022). (Solopos/Sri Sumi Handayani)

Pada lomba mewarnai sebelumnya, ia juga menyabet juara. Modal itu tak lantas membuat ia puas. Jasmine tetap berlatih mewarnai gambar hingga H-1 berkompetisi di lomba mewarnai SMG hari ini. Berkat itu, Jasmine bisa menyabet juara III.

Sementara juara II lomba mewarnai, Ralinezia Maryam Putrianto berasal dari Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri. Raline, panggilannya, datang bersama orang tuanya sekitar pukul 07.30 WIB dari Selogiri. Ralin sendiri telah bersiap sejak pukul 06.00 WIB.

“Pukul 06.00 WIB siap-siap soalnya jauh, Wonogiri,” kata Ralin saat diwawancara Solopos.com.

Siswi kelas II SD itu mengaku telah sering ikut lomba mewarnai. Namun ia tetap berlatih dan menyiapkan diri dengan sungguh untuk mengikuti lomba mewarnai yang digelar SMG. Dua hari terakhir, Ralin rutin mengasah kemampuan seninya. Dengan semangat dan pengalaman yang ia punya, Raline bersama orang tua menempuh perjalanan 30 km menuju lokasi lomba.

Baca Juga: Pencinta K-Pop Merapat, Korean Wave Digelar 4 Hari di Sleman City Hall

Perjuangan itu pun mengantarkan Raline. Di akhir pengumuman, ia berhasil mendapat juara II lomba mewarnai yang digelar SMG. Raline mengaku senang ia mendapat juara. Namun hal itu tak lantas membuatnya puas. Ia masih tetap akan belajar dan terus mengembangkan bakatnya. “Menang ya senang. Yang kalah tidak apa-apa. Tetap harus belajar terus,” kata dia.

Ada tiga juri yang akan menilai karya peserta salah satunya adalah mantan karikaturis Solopos yang juga penerima Penghargaan Jurnalistik Anugerah Adhinegoro kategori karikatur, Mugi Suryana.

Juri kedua adalah Content Manager SMG Anik Sulistyawati dan Kaled Hasby Ashshidiqy. Keduanya juga berpengalaman menjadi redaktur seni budaya serta pernah menjadi kurator lomba mewarnai.

Menurut Mugi Suryana karya para peserta sangat bagus-bagus. Para juri sempat berpikir keras untuk menentukan pemenang.

“Bagi yang belum juara jangan putus asa, dan bagi yang juara jangan sombong, teruslah belajar dan asah kemampuan,” uajr Mugi saat memberikan pesan kepada para peserta di pengujung acara yang didukung Kusuma Mulia Tower, Widodo Makmur Perkasa Group, ISI Surakarta, dan Alfamart ini.

 

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif
HEADLINE soloraya Selamat! Solopeduli Terima Dua Penghargaan dalam IFA 2022 22 menit yang lalu

HEADLINE soloraya Ingin Layanan Online di Dispendukcapil Sragen, Bisa Booking Nomor Antrean 22 menit yang lalu

HEADLINE soloraya Lurah Muda di Sragen Buka Pelayanan PBB di Pos Kamling dan Bentuk Duta Pajak 34 menit yang lalu

HEADLINE soloraya Polisi Selidiki Dugaan Penampakan Macan di Perbatasan Sragen-Grobogan 1 jam yang lalu

HEADLINE soloraya Menjelang Akhir Tahun, Harga Sejumlah Bahan Pokok di Wonogiri Mulai Naik 1 jam yang lalu

HEADLINE soloraya Banyak Manfaat, Begini Cara Memperoleh KIA di Sragen 1 jam yang lalu

HEADLINE soloraya Polres Sukoharjo Sosialisasikan Tata Cara Perizinan Kegiatan Masyarakat 1 jam yang lalu

HEADLINE soloraya Dua Jalan Desa di Kecamatan Selo Boyolali Tertutup Longsor, Akses Putus 1 jam yang lalu

HEADLINE soloraya Stok Darah PMI Sragen Hari Ini 1 Desember 2022 1 jam yang lalu

HEADLINE soloraya Stok Darah PMI Karanganyar Hari Ini 1 Desember 2022 1 jam yang lalu

HEADLINE soloraya Kirab Loji Gandrung-Mangkunegaran, Kereta Kaesang-Erina Ditarik 6 Ekor Kuda 1 jam yang lalu

HEADLINE soloraya Jalin Soliditas, PLN UP3 Klaten Gelar Multistakeholder Forum 3 jam yang lalu

HEADLINE soloraya Pengumuman! CFD Boyolali Desember 2022 Cuma Dua Kali, Ini Alasannya 4 jam yang lalu

HEADLINE soloraya Sukoharjo Hujan Ringan Rabu Siang Ini, Cek Prakiraan Cuaca Lengkapnya 4 jam yang lalu

HEADLINE soloraya Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini 1 Desember 2022, Siang Hujan Ringan 4 jam yang lalu