Selamat, Inilah 3 Peserta Favorit UMKM Virtual Expo 2020
Penutupan UMKM Virtual Expo 2020 yang digelar melalui aplikasi Zoom, Senin (28/9/2020). (Tim Solopos)

Solopos.com, SOLO— Tiga usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Soloraya terpilih sebagai pemenang favorit pada ajang UMKM Virtual Expo 2020 yang diprakarsai oleh Bank Indonesia (BI) Solo.  Ketiga UMKM beruntung itu adalah Cil-Cil Craft yang dikelola Herumanto Moektijono, Jewel Ethnic Wear milik Idha Sulistyowati, dan Ummika Brownie milik Andika Rahmawanto.

Hal itu disampaikan oleh perwakilan dari BI Solo, Gunawan Purwobo (Deputi Kepala Perwakilan) saat penutupan UMKM Virtual Expo 2020 yang digelar melalui aplikasi Zoom, Senin (28/9/2020).
Kegiatan yang juga didukung Blibli.com dan Solopos itu diikuti oleh 25 UMKM terpilih di Soloraya.

Pada acara penutupan tersebut, Direktur Bisnis dan Pemasaran Solopos Group Suwarmin, mengatakan Solopos merasa terhormat digandeng BI Solo untuk menyelenggarakan dan memberikan pengalaman dan pembekalan bagi UMKM untuk meningkatkan usahanya.

Dia menjelaskan, dalam menentukan UMKM favorit ada beberapa kriteria yang ditetapkan panitia. Kriteria izin usaha, jenis produk dan packaging mendapat porsi penilaian 20%, komitmen mengikuti acara 20%, membuat profil umkmexpo.com 10%, nilai kehadiran selama sesi acara 20%, keaktifan bertanya 10%, terdaftar di Qris 10%, dan terdaftar di Blibli.com 10%.

“Semoga kawan-kawan yang tergabung dalam kegiatan ini silaturahminya tetap terjaga, bisa selalu sharing, caring, berkumpul untuk meningkatkan kapasitas bisnis dari UMKM sebagai saka guru perekonomian,” ujar Suwarmin.

Ada Lagi! Satgas Waspada Investasi Temukan 50 Usaha Gadai Swasta Ilegal

Pemulihan dan Pemberdayaan UMKM

Sementara itu, sebagai Pemulihan dan Pemberdayaan UMKM, Gunawan menyampaikan pandemi Covid-19 memang secara nyata telah memberi dampak kepada sektor ekonomi. UMKM yang merupakan tulang punggung perekonomian saat ini juga mengalami penurunan usaha di sisi penjualan, bahan baku, dan permodalan.  Untuk menghadapi hal itu, pemerintah, BI, OJK dan berbagai pihak lainnya terus mendukung pemulihan dan pemberdayaan UMKM.

“Bagi Bank Indonesia ada empat program penyelamatan UMKM untuk mendukung paket kebijakan pemerintah. Pertama mengkomunikasikan kebijakan darurat Covid-19, kedua meningkatkan kapasitas UMKM melalui pelatihan virtual, ketiga melakukan sinergi aksi mempercepat akses pembiayaan atau permodalahan. Dan yang keempat mendorong digitalisasi pembayaran dan pemasaran,” ujar Gunawan.
Dia menjelaskan, pelaksanaan program-program tersebut salah satunya adalah menyelenggarakan UMKM Virtual Expo 2020 dengan menggandeng PT Aksara Solopos selama kurang lebih satu bulan pada Juli-Agustus.

Bentuknya dengan memberi pembekalan kepada UMKM seperti manajemen keuangan, akses permodalan, standarisasi produk, marketing 4.0, pemasaran secara online, bagaimana pengiriman ekspedisi, hingga pembayaran menggunakan Qris. “Kami memfasilitasi pelatihan dan pendampingan ini agar Bapak dan Ibu UMKM mendapatkan edukasi khususnya terkait pemanfaatan platform digital marketplace,” ujar Gunawan.

Alhamdulillah, Sudah 245.306 Debitur Di Soloraya Nikmati Restrukturisasi Kredit

Tetap Semangat

Dalam program ini, lanjut Gunawan, BI juga menggandeng Blibli.com dengan tujuan pengembangan produk daerah dan UMKM Soloraya terpilih agar dapat memanfaatkan marketplace atau menggunakan media sosial sebagai salah satu cara memperluas pasar.

Kegiatan ini juga dilakukan untuk mendukung salah satu program pemerintah yaitu Bangga Buatan Indonesia. Sebelumnya peserta telah melalui tahapan pendaftaran, seleksi, hingga kelas intensif. Pada akhir periode dipilih tiga UMKM terpilih yang mendapatkan hadiah uang pembinaan.

“Kami mengucapkan selamat kepada UMKM terpilih dan tetap semangat kepada UMKM yang belum beruntung. Semoga bisnis Bapak dan Ibu tetap eksis dan semoga kita dapat dipertemukan di kesempatan lain,” ujar Gunawan.

Salah satu pemenang, Herumanto Moektijono pengelola UMKM Cil-Cil Craft mengucapkan kepada BI, Blibli,com, Solopos dan rekan-rekan sesama UMKM lainnya. Dia juga memberikan kesan pada penyelenggaraan acara yang menurutnya sangat bermanfaat.

“Ini adalah kesempatan yang baik, bukan untuk saya saja tapi juga untuk teman-teman. Tujuan kita sama yaitu menjadikan UMKM makin maju, serta mendukung program pemerintah dan juga membuka lowongan pekerjaan,” ujarnya.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom