Timnas Indonesia U-22 (Antara Foto-Nyoman Budhiana)

Solopos.com, PHNOM PENH - Timnas Indonesia U-22 sukses menjadi juara Piala AFF U-22. Anak asuh Indra Sjafri itu mengalahkan Timnas Thailand U-22 di babak final dengan skor 2-1.

Dalam pertandingan yang dilangsungkan di Stadion Nasional, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (26/2/2019) malam WIB, Indonesia mencoba tancap gas sejak awal. Indonesia kembali mengandalkan kecepatan dari sisi sayap yakni Witan Sulaeman dan Osvaldo Haay.

Di awal laga, Garuda Muda mendapat peluang dari tembakan Marinus Wanewar yang masih bisa diblok bek lawan. Kemudian pada menit keempat, umpan matang Witan Sulaeman gagal dieksekusi menjadi gol oleh Osvaldo Haay. Sontekan Osvaldo masih bisa ditepis kiper.

Setelah itu, Indonesia terus mencoba mencetak gol dan menghasilkan sejumlah peluang. Pada menit ke-27, Gian Zola mengancam lewat tembakan keras tapi masih melambung. Menit ke-33 giliran Witan yang mendapat kesempatan emas tapi tembakannya dari dalam kotak penalti masih lemah. Hingga babak pertama berakhir, skor 0-0 tetap tak berubah.

Memasuki babak kedua, Indonesia langsung kebobolang pada menit ke-57. Kapten kesebelasan Thailand Saringkan Promsupa berhasil memperdaya Awan Setho melalui sudulan. Thailand pun memimpin dengan skor 1-0.

Namun keunggulan Thailand itu tak bertahan lama. Semenit kemudian, Sani Riski mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Setelah menerima umpan dari Gian Zola, Sani melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti. Bola mengenai pemain sehingga mengecoh kiper.

Bahkan, Indonesia mampu membalikkan kedudukan di menit ke-63. Berawal dari tendangan bebas yang dieksekusi oleh Luthfi Kamal, bola kemudian diarahkan ke kotak penalti. Osvaldo Haay berhasil menyambut bola dengan sundulan dan berbuah gol. Indonesia unggul dengan skor 2-1.

Indonesia berpeluang menambah gol. Osvaldo Haay tinggal berhadapan dengan kiper namun tendangannya masih bisa diblok. Indonesia justru harus kehilangan satu pemain setelah Bagas Adi mendapat kartu merah di menit ke-88. Beruntun, Garuda Muda mampu mempertahankan keunggulan hingga laga usai.

Susunan Pemain

Indonesia: Awan Setho, Bagas Adi, Nurhidayat, Asnawi Mangkualam, Firza Andhika, Luthfi Kamal, Gian Zola, Sani Rizky, Osvaldo Haay, Witan Sulaeman, Marinus Wanewar

Thailand: Korraphat Nareechan, Sampan Kesi, Kritsada Nontharat, Chatchai Saengdao, Jedsadkorn Kowngam, Jaroensak Wanggorn, Saringkan Promsupa, Sakunchai Saengtopho, Marco Ballini, Tanpaslit Khukhalamo, Patcharapol Intanee


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten