Selamat Hari Pelanggan Nasional, Pernah Dikecewakan Seperti 3 Tokoh Ini?

Solopos.com, JAKARTA — Tanggal 4 September diperingati sebagai Hari Pelanggan Nasional. Meski diperingati tiap tahun, toh ada saja pelanggan yang merasa dikecewakan oleh produsen/penyedia produk dan jasa.

Kekecewaan atau keluhan mengenai produk berupa barang atau layanan tertentu bisa datang dari siapa saja. Tak terkecuali figur publik seperti selebritas hingga pejabat publik.

Tiga tokoh atau figur publik ini mengaku pernah dikecewakan dan terang-terangan menyampaikan komplain melalui media sosial, bahkan melayangkan gugatan. Di Hari Pelanggan Nasional ini tak salah mengingat lagi keluhan tiga tokoh ini.

Duh Gusti, Ada 62 Kasus Baru Covid-19 Dalam Sehari di Boyolali

Nycta Gina

Aktris yang namanya melejit lewat perannya sebagai Jeng Kelin ini beberapa waktu lalu mengeluhkan tagihan air rumahnya di Pulomas, Jakarta Timur. Tagihan airnya pada Juli 2020 melonjak drastis hingga lebih dari Rp26 juta. Padahal sebelumnya hanya Rp90.000 saja.

Tidak hanya melaporkan keluhannya ke PT Aetra Air Jakarta (Aetra), Nycta juga menceritakan keluh kesahnya di akun Instagram-nya @missnyctagina. “Pemakaian belum sampai sebulan masa bisa bocor sampai selisih [Rp]26.449.500 [dari bulan sebelumnya]. Dipikir saya buka waterboom cabang Pulomas kali ah,” tulisnya.

Sementara itu, Corporate and Communication Manager Aetra Astriena Veracia menyatakan pihaknya telah melakukan investigasi untuk mengetahui apakah ada kebocoran pipa dalam yang kemungkinan menjadi penyebab melonjaknya tagihan air Nycta.

Menpora Era Orde Baru Abdul Gafur Meninggal di Usia 81 Tahun

Arnold Poernomo

Hari Pelanggan Nasional 4 September seharusnya dimaknai semua penyedia produk untuk berbenah. Masukan dari pelanggan adalah modal untuk memperbaiki kinerja.

Tokoh berikutya adalah koki yang dikenal lewat acara pencarian bakat memasak MasterChef Indonesia. Chef Arnold meluapkan kekesalannya akibat melonjaknya tagihan listrik rumahnya di Ngagel, Surabaya pada Juli 2020.

Lewat akun Twitter-nya @ArnoldPoernomo dia menyampaikan keluhannya kepada PLN dan meminta penjelasan mengenai kenaikan tagihan listrik yang mencapai empat kali lipat itu. “Woi @info PLN kenapa tagihan listrik rumah saya naik turun dari Rp2,5 juta jadi Rp10 juta? Kenapa?” tulisnya.

Pihak PLN dengan cepat merespons keluhan Arnold. Manajer PLN ULP Ngagel, PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur Iva Parastutik mendatangi rumah pria berusia 31 tahun tersebut untuk menjelaskan penyebab lonjakan itu.

Penukaran Uang Rp75.000 Seri Kemerdekaan di BI Solo Masih Dibuka, Mau?

Alvin Lie

Hanya berselang kurang dari sebulan sebelum peringatan Hari Pelanggan Nasional hari ini, anggota Ombudsman, Alvin Lie, menggugat operator telekomunikasi seluler Indosat ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Dia kesal lantaran berkali-kali mendapatkan SMS penawaran yang mengganggu. SMS tersebut dikirimkan terus menerus dan beberapa di antaranya dikirimkan pada dini hari dan hari libur.

Polisi Waspadai 2 Ancaman Pilkada Sukoharjo, Apa Saja?

Sebelum melayangkan gugatan dengan nilai hanya Rp100 itu, Alvin sudah menyampaikan keluhannya ke layanan pelanggan Indosat. “Kenyamanan saya selaku konsumen sangat terganggu akibat SMS penawaran yang dilakukan oleh Indosat pada dini hari dan pada saat pulang kerja, jam istirahat, dan hari libur saya,” ungkap Alvin.

Menanggapi gugatan Alvin, SVP Head of Corporate Communications Indosat Turina Farouk mengatakan Indosat menghormati hak setiap pelanggan untuk menyampaikan keluhan, pendapat, dan aspirasinya.

Sumber: Bisnis.com



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom