SOLOPOS.COM - Dosen ITNY Winarti resmi jadi Doktor Teknik Geologi (Istimewa)

Solopos.com, JOGJA -- Fakultas Teknologi Mineral Institut Tenologi Nasional Yogyakarta (FTM ITNY) menambah satu doktor untuk Program Studi Teknik Geologi. Salah satu dosen, Winarti, dinyatakan lulus Cumlaude dalam Sidang Promosi Doktor, Program Pascasarjana Fakultas Teknik Geologi Universitas Padjajaran (UNPAD).

Sidang promosi doktor ITNY yang digelar secara online, Jumat (9/4/2021), dibuka oleh pimpinan sidang, Prof. Ir. Mega Fatimah Rosana, M.Sc., Ph.D. Tim promotor terdiri dari Dr.Ir Emi Sukiyah, M.T., Dr.Ir Andi Agus Nur, M.T. dan Prof. Dr. Ir. Ildrem Syafri, DEA. Sidang dihadiri oleh kurang lebih 45 orang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Winarti mengambil judul disertasi untuk doktor Teknik Geologi : Konfigurasi Kontak Formasi Nanggulan dan Formasi Andesit Tua pada Sisi Timur Kubah Kulon Progo Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca juga: ITNY Bantu Desa Gendayakan Wonogiri Angkat Potensi dengan Teknologi Tepat Guna

Winarti mengatakan bahwa penelitiannya merupakan bentuk kecintaan pada Kulon Progo yang telah berperan dalam membesarkan ITNY, khususnya Teknik Geologi. Kulon Progo juga menyimpan banyak daya tarik untuk dikaji dari sisi ilmu kebumian. Terutama mengantisipasi pengembangan wilayah di Kulon Progo yg sangat cepat. Seperti konservasi mata air yg banyak muncul di kontak antara Formasi Nanggulan dan Formasi Andesit Tua. "Gambaran geologi Kulon Progo saat ini yg tertuang di dalam peta geologi regional, sudah saatnya untuk direvisi”, jelas Winarti.

ITNY

Kampus Lapangan

Rektor ITNY, Dr Ir Ircham, MT mengaku bangga dengan bertambahnya satu Doktor. Seiring dengan akan dibukanya program Pasca Sarjana Teknik Geologi di ITNY.

“Dengan selesainya studi Winarti tersebut, maka terdapat tujuh Dosen yang bergelar Doktor di Teknik Geologi ITNY. Empat diantaranya mengambil disertasi dengan mengambil topik tentang geologi Kulon Progo”, Terang Ircham.

Baca juga: Di Jogja, Ada Bule Prancis Jual Bakpia Paris

Keberadaan kampus lapangan di daerah Degan, Kalibawang, Kulon Progo yang merupakan salah satu keunggulan Teknik Geologi ITNY juga melengkapi penguasaan tentang geologi Kulon Progo.

Dalam sambutannya, Ircham juga mengucapkan banyak terima kasih kepada Universitas Padjajaran dan berharap bahwa kerjasama ITNY dengan UNPAD dapat semakin baik kedepannya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya