SOLOPOS.COM - Sesepuh relawan Karanganyar memakaikan rompi kepada Komandan SAR Karanganyar Prihanto yang dikukuhkan sebagai Bapak Relawan pada Selasa (16/4/2024) malam di GOR Nyi Ageng Karang. (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Ratusan sukarelawan dari berbagai organisasi mengukuhkan Komandan SAR Karanganyar, Prihanto, sebagai Bapak Relawan di Bumi Intanpari. Pengukuhan itu dilakukan bersamaan dengan acara halalbihalal relawan yang digelar di GOR Nyi Ageng Karang Karanganyar pada Selasa (16/4/2024) malam.

Pengukuhan ini sekaligus menjadi secercah harapan perbaikan tata kelola organisasi hingga meningkatkan kualitas personal sukarelawan kemanusiaan. Mereka akan tergabung dalam satu komando Rumah Kita.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Ketua Relawan ORARI Karanganyar, Aji Pratama Heru K., mengatakan ada 960 sukarelawan dari 96 organisasi yang hadir dalam acara pengukuhan dan halalbihalal ini. Di Karanganyar, organisasi sukarelawan diakuinya tumbuh pesat. Organisasi tidak hanya terpusat di kota, tapi tersebar di berbagai desa dan kelurahan.

“Kami berharap seluruh persoalan lapangan maupun personal yang dihadapi sukarelawan mendapat solusi di bawah kepemimpinan Prihanto,” katanya Aji.

Menurutnya, relawan patut difasilitasi dalam menjalankan aktivitasnya untuk kemanusiaan. Mereka juga perlu digandeng supaya pergerakannya efektif dan efisien.

Sementara itu, Prihanto menyampaikan apresiasinya setelah dikukuhkan sebagai Bapak Relawan. Dengan menyandang gelar Bapak Relawan, Dirut Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PUDAM) Tirta Lawu Karanganyar ini dituntut harus mampu menganyomi seluruh sukarelawan. Termasuk menyelesaikan persoalan lapangan dan personal para relawan kemanusiaan.

“Terima kasih atas kepercayaan dan menganggap saya sebagai bapaknya relawan. Tentunya langsung kita buatkan wadah terstruktur dan berbadan hukum relawan kemanusiaan Karanganyar,” katanya.

Prihanto menambahkan, dengan status badan hukum akan mempermudah organisasi relawan mengelola semua sarana prasarana, peningkatan sumber daya manusia, dan penata sumbangan eksternal untuk kebutuhan penanggulangan kebencanaan.

Sementara Rumah Kita akan menjadi koordinator organisasi-organisasi relawan yang ada di Karanganyar. “Kita berjalan bersama pemerintah, dalam hal ini BPBD Karanganyar. Jadi fungsinya lebih mengkoordinasikan relawan yang ada di Karanganyar,” kata Prihanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya