Tutup Iklan

Selamat! Desa Ini Didapuk Jadi Desa Wisata Terbaik di Jateng

Desa Cikakak di Banyumas, Jawa Tengah (Jateng) didapuk sebagai desa wisata terbaik se-Jateng.

 Sejumlah kera ekor panjang mengambil buah-buahan dari gunungan yang dibuat warga pada Festival Rewanda Bojana di Desa Ciakak, Wangon, Banyumas, Jateng, Rabu (13/10/2021). (Antara)

SOLOPOS.COM - Sejumlah kera ekor panjang mengambil buah-buahan dari gunungan yang dibuat warga pada Festival Rewanda Bojana di Desa Ciakak, Wangon, Banyumas, Jateng, Rabu (13/10/2021). (Antara)

Solopos.com, KEBUMEN — Desa Cikakak di Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah (Jateng) mendapat predikat sebagai desa wisata terbaik di Jateng.

Predikat itu diraih Desa Cikakak dalam ajang Gelar Desa Wisata Provinsi Jateng pada ajang Gelar Desa Wisata Provinsi Jateng 2021.

Penganugerahan gelar desa wisata itu diberikan pada acara yang digelar di Kabupaten Kebumen, Rabu (27/10/2021). Selain Desa Cikakak, desa wisata lain yang meriah juara adalah Desa Wonolopo di Kota Semarang sebagai juara favorit.

Baca juga: Sandiaga Uno Sebut Desa di Banyumas ini Mirip Sangeh Bali, Penasaran?

Sementara itu pada Kategori Profil Desa Wisata, juara 1 diraih Desa Conto di Kabupaten Wonogiri. Lalu juara kedua direbut Desa Cikakak, dan juara ketiga diraih Desa Serang, Kabupaten Purbalingga.

Sedangkan Kategori Pengelolaan Desa Wisata jatuh pada Desa Cikakak Banyumas, juara kedua Desa Pandansari Kabupaten Batang, dan juara ketiga Desa Bugisan Kabupaten Klaten. Untuk Kategori Produk Inovasi gelar juara diraih Desa Serang Kabupaten Purbalingga, Desa Pandanrejo Kabupaten Purworejo sebagai juara kedua, dan juara ketiga direbut Desa Tambaksari Kabupaten Cilacap.

Sementara untuk Kategori Atraksi Seni disabet Desa Cikakak Banyumas sebagai juara 1, Desa Conto Wonogiri sebagai juara kedua, dan Desa Muncar Kabupaten Semarang meraih juara ketiga.

Adapun juara umum pertama diraih Desa Cikakak Banyumas, juara umum kedua Desa Conto Wonogiri, dan juara umum ketiga Desa Serang Purbalingga.

Baca juga: Ini Daftar Lengkap 50 Desa Wisata Terbaik, 6 Ada di Jateng

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Jateng, Sinoeng N. Rachmadi, mengatakan event ini merupakan rangkaian proses untuk memberikan apresiasi ke desa wisata. Selain itu juga sebagai upaya Pemprov Jateng dalam memajukan desa wisata.

“Hari ini meski belum membaik [pandemi] tapi upaya itu terus terjaga,” kata Sinoeng di sela penganugerahan Gelar Desa Wisata Provinsi Jateng di lokasi acara.

Pihaknya mengapresiasi kepada pelaku desa wisata yang telah berkolaborasi dengan komunitas kreatif anak muda yang telah mempromosikan dalam mengemas paket wisata desa.

Kepala Desa Wisata Cikakak, Akim, mengaku bangga dengan raihan juara umum di event ini. Hal itu tak lepas dari potensi desa seperti adanya Masjid Saka Tunggal yang dibuat tahun 1284 Masehi, Taman Kera, dan atraksi budaya.

“Alamnya kita kembangkan juga ekonomi kreatif membuat ikon kepala monyet,” kata dia.

 


Berita Terkait

Espos Plus

Pembahasan RUU PDP Belum Rampung, Kominfo Fokus Sosialisasi dan Edukasi

+ PLUS Pembahasan RUU PDP Belum Rampung, Kominfo Fokus Sosialisasi dan Edukasi

Progres terbaru dari pembahasan RUU PDP adalah pembahasan format lembaga pengawas yang akan bertanggung jawab menangani perkara perlindungan data pribadi hingga kini belum final.

Berita Terkini

Polres Grobogan Siapkan Strategi Pengamanan Natal dan Tahun Baru

Polres Grobogan akan menggelar Operasi Lilin Candi 2021 untuk pengamanan Hari Raya Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Waspada! Rob Ancam Pesisir Pantura Jateng, Nanti Tenggelam

BMKG mengingatkan ancaman rob di pesisir pantura Jateng.

Ini 5 Wisata Jateng yang Aman Dikunjungi

Inilah lima objek wisata di Jawa Tengah yang aman dikunjungi meski di tengah pandemi Covid-19.

Bertambah! Korban Meninggal Akibat Kecelakaan Maut di Pantura Demak

Korban kecelakaan maut yang melibatkan minibus atau mikrobus di jalur pantura Desa Sidogemah, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, bertambah.

Kronologi Kecelakaan Maut Bus Terguling di Demak, 3 Nyawa Melayang

Kecelakaan maut terjadi di ruas Jalan Semarang-Demak, Sayung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Rabu (8/12/2021).

18 Kasus Kekerasan Seksual Banjarnegara, Terbaru Ayah Tiri Cabuli Anak

Sebanyak 18 kasus kekerasan seksual di wilayah hukum Polres Banjarnegara sejak Januari hingga November 2021, terbaru ayah tiri mencabuli anaknya selama satu tahun.

Minibus Kecelakaan Tunggal di Jalur Pantura Demak, 2 Orang Meninggal

Sebuah minibus mengalami kecelakaan tunggal di Jalan Pantura Semarang-Demak, Kabupaten Demak, hingga menyebabkan dua penumpang meninggal dunia.

Gunung Semeru Erupsi, Ganjar: Warga Merapi Kudu Siaga!

Gubernur Ganjar mengingatkan warga yang tinggal di lereng Gunung Merapi agar lebih siaga menghadapi kemungkinan terjadinya erupsi, mengingat aktivitas vulkanik belum stabil.

Kemenpan RB Visitasi Perubahan IAIN Salatiga Jadi UIN Salatiga

Visitasi ini memeriksa kesesuaian data proses alih bentuk dari IAIN Salatiga menjadi UIN Salatiga secara langsung ke lapangan.

Kepala Lapas Purwodadi Diganti, Pejabat Lama Pindah Larantuka

Jabatan Kepala Lapas Purwodadi diserahterimakan dari pejabat lama Solichin kepada pejabat baru Soebiyakto yang sebelumnya menjabat Kepala Rutan Kebumen.

Kronologi Penemuan Sopir Truk yang Tersapu Lahar Dingin Merapi

Seorang sopir truk pengangkut pasir ditemukan meninggal dunia setelah tersapu banjir lahar dingin Gunung Merapi di Kali Bebeng, Kabupaten Magelang.

Disdikpora Kudus Kebut Proses Perbaikan 11 Sekolah yang Rusak

Perbaikan 11 sekolah rusak tingkat SD dan SMP di Kabupaten Kudus, dikebut agar bisa selesai dan bisa segera digunakan untuk belajar mengajar.

Bupati Jepara Ancam Tutup Sekolah yang Berani Tahan Ijazah Siswa

Bupati Jepara, Dian Kristiandi, mengaku menerima laporan adanya sekolah yang menahan ijazah siswanya.

Brati Grobogan Masih Banjir, Kades Lemahputih Usulkan Sudetan Sungai

Banjir yang melanda Desa Lemahputih, Kecamatan Brati, Kabupaten Grobogan, hingga Selasa (7/12/2021) belum surut. Jumlah rumah dan sawah terdampak bertambah.

Ungguli Jatim, Jabar, dan DKI, Pemprov Jateng Raih Anugerah Meritokrasi

Selain Pemprov Jateng, tiga pemerintah kabupaten di Jateng juga mendapat penghargaan yakni Pemkab Purworejo, Pemkab Sragen, dan Pemkab Wonogiri dengan kategori Baik.

PPKM Level 3 Batal, Salatiga Tetap Lakukan Penyekatan Jalan

Pemerintah Kota Salatiga tetap akan menerapkan penyekatan ruas jalan di wilayahnya, kendati PPKM Level 3 nasional dibatalkan.