Selamat Datang Era New Normal, Jokowi Cek MRT Jakarta dan akan Cek Mal di Bekasi
Ilustrasi mal ANTARA FOTO/Aji Styawan/pras.

Solopos.com, JAKARTA -- Penerapan era normal yang baru alias new normal bakal diberlakukan secara massif mulai Selasa (26/5/2020). Presiden Joko Widodo (Jokowi) melihat penerapan new normal di Stasiun MRT Bundaran HI Jakarta.

Pada Selasa siang, Jokowi dijadwalkan memimpin pembukaan sejumlah mal di Kota Bekasi di tengah pandemi. Dua aktivitas Jokowi tersebut menandai berlakuknya new normal di tengah masyarakat Indonesia.

Penerapan new normal di sarana transportasi umum guna menunjang aktivitas warga yang bekerja di tengah pandemi Covid-19. Jokowi tiba di Stasiun Bundaran HI, Jakarta Pusat, Selasa pukul 08.45 WIB.

Objek Wisata Jogja Tutup, Warga Pilih Piknik ke Bandara YIA Kulonprogo, Apa Istimewanya?

Pejabat yang terlihat hadir mendampingi Jokowi antara lain Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Idham Azis, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Dirut PT MRT Jakarta William Syahbandar.

Jokowi bersama pejabat yang mendampingi kemudian masuk ke stasiun dan mengecek penerapan new normal. Jokowi tampak berkeliling di area stasiun. Setelahnya Jokowi akan memberikan keterangan pers.

Jokowi juga dijadwalkan berkunjung ke Kota Bekasi, Selasa siang. Jokowi akan memimpin pembukaan mal-mal di Kota Bekasi di tengah pandemi Covid-19 sebagai penanda era new normal.

10 Berita Terpopuler: Mbah Minto Menangis Ditelepon Bupati Klaten - Jalan ke Tawangmangu Macet

Bekasi Menjadi Percontohan

Kasubbag Publikasi Eksternal Humas Setda Kota Bekasi, Indah Indri Hadsari, menuturkan Jokowi akan mengunjungi Mal Summarecon Bekasi sekitar pukul 13.00 WIB.

"Iya jam 1," ujar Kasubbag Publikasi Eksternal Humas Setda Kota Bekasi, Indah Indri Hadsari, ketika dihubungi Detikcom, Selasa.

"Dalam rangka opening roda perekonomian, dalam rangka pembukaan mal-mal," tutur Indah.

Penjelasan Indah itu sudah diklarifikasi Kepala Bagian atau Kabag Humas Pemkot Bekasi, Sayekti Rubiah. Dia menyebut kunjungan Presiden dalam rangka mengecek persiapan new normal di Bekasi, termasuk persiapan sarana publik.

Halo Pemudik di Soloraya, Mau Balik ke Jakarta Siap-Siap Ada Penyekatan di 11 Lokasi Ini

Indah menyebut mal-mal di Kota Bekasi akan resmi dibuka mulai Selasa. Namun, pengunjung dan pengelola mal tetap menerapkan standar protokol Covid-19. "Cuma tetap menggunakan standar protokol Covid," kata Indah.

Dia menyebut Kota Bekasi akan menjadi percontohan dimulainya roda perekonomian dalam new normal di tengah pandemi. "Iya Kota Bekasi jadi percontohan, seluruh kota/kabupaten se-Indonesia ," imbuh dia.

Ini Talkshow Rehat, Andre Taulany Pamit

Untuk diketahui, panduan bekerja di situasi new normal tertuang dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha pada Situasi Pandemi.

"Dengan menerapkan protokol ini [kesehatan pencegahan Covid-19] diharapkan dapat meminimalisir risiko dan dampak pandemi Covid-19 pada usaha sektor jasa dan perdagangan [area publik] di mana terdapat potensi penularan Covid-19 akibat berkumpulnya sejumlah/banyak orang dalam satu lokasi," demikian penjelasan Menteri Kesehatan, Terawan, dalam surat edaran ini.

Abu Bakar Baasyir Dapat Remisi, Bebas Murni 7 Bulan Lagi


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho